SHARING PENGALAMAN KOMUNITAS LITERASI MELALUI PELATIHAN DAN PELANTIKAN SAHABAT BWP: WUJUD KEBERHASILAN UPT PERPUSTAKAAN DAN SAHABAT PERPUSTAKAAN UNEJ

(07/06) UPT Perpustakaan dan Sahabat Perpustakaan Universitas Jember diundang sebagai pembicara pada kegiatan Pelatihan dan Pelantikan Sahabat Barito Widya Pustaka (BWP) SMAN 5 Magelang. Kegiatan  ini dilaksanakan dalam rangka berdirinya sebuah organisasi literasi yang digagas oleh Perpustakaan BWP SMAN 5 Magelang. Sahabat BWP sendiri merupakan organisasi yang memiliki visi misi yang sama dengan Sahabat Perpustakaan UNEJ, yaitu bergerak dalam pengembangan kemampuan literasi masyarakat.

Kegiatan  pelatihan yang diikuti oleh siswa/siswi calon pengurus Sahabat BWP ini dilatarbelakangi dengan keberhasilan UPT Perpustakaan dan Sahabat Perpustakaan UNEJ yang telah melaksanakan program literasi dan sukses menjalankan roda organisasi selama 4 tahun terkahir. Kegiatan ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi UPT Perpustakaan dan Sahabat perpustakaan karena dipercaya menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut. Pembina dan Ketua Umum Sahabat Perpustakaan UNEJ berkesempatan untuk menjadi narasumber pada kegiatan yang bertemakan “Mewujudkan Generasi Unggul dalam Literasi dan Kepustakawanan yang Kreatif dan Inovatif”.  Kegiatan pelatihan ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 5 Magelang, Drs. Sucahyo Wibowo, M.Pd. Kemudian dilanjutkan sambutan dan pemaparan tentang Sahabat BWP oleh Pembina Sahabat BWP SMAN 5 Magelang, Dwi Ariyani, S.Pd., M.Pd.

Pada sesi pertama Pembina Sahabat Perpustakaan UNEJ, Ighfirlina Yaumil Akhda, S.IIP memberikan materi terkait dengan perjalanan Sahabat Perpustakaan dari awal berdirinya sampai bertahan hingga tahun ke-4. Selain itu juga menjelaskan program literasi yang perlu dilakukan untuk mendukung peningkatan kemampuan literasi sasaran program organisasi. Hal tersebut bertujuan memberikan pandangan gagasan kepada Sahabat BWP dalam menyusun program literasi yang akan dijalankan.

Kemudian pada sesi kedua Ketua Umum Sahabat Perpustakaan, R. Moh Wildan menyampaikan khusus tentang kepengurusan dan program literasi yang telah dirancang oleh pengurus Sahabat Perpustakaan UNEJ Periode ke-4. Pada sesi kedua ini Sahabat BWP dapat mengetahui secara riil program literasi yang akan di implementasikan dalam bentuk kegiatan.

 Pengalaman dari Sahabat Perpustakaan selama 4 tahun terakhir diharapkan  menjadi inspirasi dan batu pijakan awal berdirinya Sahabat BWP sehingga kedepannya dapat berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan oleh Perpustakaan BWP SMAN 5 Magelang. Kegiatan Pelatihan dan Pelantikan Sahabat BWP menjadi awal kerjasama antara UPT Perpustakaan, Sahabat Perpustakaan UNEJ bersama dengan Perpustakaan BWP SMAN5 Magelang. Semoga kerjasama tersebut dapat terjalin secara berkelanjutan kedepannya, misalnya melalui kolaborasi kegiatan literasi yang diadakan kedua belah pihak.