RAT SAHABAT PERPUSTAKAAN: REGENERASI KEPEMIMPINAN ORGANISASI

Regenerasi dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang penting untuk keberlanjutan roda organsiasi. Regenerasi organisasi dilakukan agar adanya penerus perjuangan dari perwujudan tujuan organisasi yang harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan pada setiap generasinya. Setiap organisasi melakukan regenerasi pada pergantian periode kepengurusan karna tidak mungkin memiliki pengurus yang sama selamanya. Begitupun Sahabat Perpustakaan, sebagai sebuah organisasi Badan Semi Otonom yang dinaungi oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember melakukan regenerasi pengurus setiap tahunnya yaitu melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT)

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 16-18 Januari 2023 ini bertujuan untuk membahas Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, laporan pertanggung jawaban dan pemilihan Ketua umum dan Wakil Ketua Umum  Sahabat Perpustakaan 2023. Berbeda dari sebelumnya kegiatan RAT dengan Tema “Manifestasi Regenerasi Kepemimpinan Dalam Membentuk Kepengurusan yang Progresif dan Berintegritas” dilaksanakan secara hybrid  daring melalui zoom meeting dan tatap muka di Ruang Pertemuan UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Animo dari anggota baru yang juga di amanahi sebagai panitia RAT tahun ini sangat tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari anggota baru yang hampir keseluruhan hadir secara langsung di Ruang Pertemuan meskipun sedang dalam masa libur kuliah. Hal ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk kepengurusan selanjutnya dimana integritas dari anggota sangat diperlukan dalam mendukung berjalannya sebuah organisasi.

Pada RAT kali ini menghasilkan regenerasi kepemimpinan yaitu memilih Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum yang baru. Pada hasil pemilihan tersebut terpilih Farah Dwi Nurmala sebagai Ketua Umum dan Nadila Ibrahim sebagai Wakil Ketua Umum Sahabat Perpustakaan Universitas Jember periode 2023. Pada hasil pemilihan tersebut diharapkan ketua dan wakil ketua terpilih dapat meneruskan tongkat estafet dari kepengurusan sebelumnya yang dinahkodai oleh R. Moh Wildan Syafiudin dan May Reza.

Regenerasi kepengurusan selanjutnya diharapkan lebih progresif, inovatif dan berintegritas sesuai dengan tema yang diusung pada RAT kali ini. Program-program yang dirancang kedepannya diharapkan dapat tepat sasaran sesuai dengan visi misi Sahabat Perpustakaan yaitu meningkatkan literasi dan mempromosikan perpustakaan pada civitas akademika UNEJ serta khalayak luas.