PUSTAKAWAN UNIVERSITAS JEMBER KEMBALI MENOREHKAN PRESTASI DALAM AJANG PENGHARGAAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI

Dokumentasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur: Penyerahan Hadiah 11 Oktober 2021

Pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Jember kembali menorehkan prestasi dalam ajang Pustakawan Berprestasi yaitu Iswahyudi, S.Sos., M.M. meraih juara III Pustakawan Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur. Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur pada tanggal 14 Juni 2021 secara Luring. Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan diikuti oleh para pustakawan dari Dinas  Perpustakaan Kota dan Kabupaten, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Perguruan Tinggu di Jawa Timur.

Sekitar 20 pustakawan yang lolos dalam penilaian seleksi berkas berhak untuk mengikuti tes tahap selanjutnya yaitu tes kognitif yang berkaitan dengan kepustakawanan. Pada tahapan selanjutnya terpilih 7 finalis yang akan mengikuti tahap presenstasi hasil karya dan wawancara. Para finalis 7 besar berkompetisi dihadapan para juri hingga terpilih tiga pemenang terbaik dari berbagai perpustakaan di Jawa Timur.

Prestasi juara III pustakawan berprestasi yang dimenangkan oleh Iswahyudi, S.Sos., M.M. ini tidak terlepas dari kontribusi Beliau dalam bidang pengembangan literasi masyarakat yaitu dengan mendirikan kampung belajar disekitar rumah beliau. Kampung Belajar merupakan upaya beliau untuk mengembangkan budaya literasi anak dari lingkup terkecil yaitu lingkungan sekitar rumah.

Beliau berharap dengan penghargaan ini dapat memberikan motivasi kepada rekan sesama pustakawan untuk meraih prestasi dibidang lainnya. Pustakawan masa kini tidak hanya berkutat pada rutinitas pekerjaan di perpustakaan namun juga ikut berperan serta dalam mengembangkan literasi masyarakat sekitar.