Prosedur Peminjaman Buku di UPT Perpustakaan UNEJ

Beberapa dari pemustaka terkadang kebingungan saat ingin memasuki atau bahkan meminjam buku di perpustakaan. Seringkali petugas bagian lobby/ registrasi pintu masuk mengingatkan beberapa tata cara serta aturan memasuki perpustakaan, khususnya UPT Perpustakaan UNEJ. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebagai pemustaka jika akan  melakukan peminjaman buku ataupun sekedar memasuki kawasan perpustakaan:

  1. Siapkan KTM untuk meminjam kunci loker serta melakukan presensi pengunjung perpustakaan. Pemustaka diwajibkan untuk menitipkan tas di loker yang telah disediakan. Perpustakaan menyiapkan tas khusus bagi pemustaka yang ingin meletakkan barang-barang berharga seperti dompet, Handphone, laptop (terkecuali tas laptop wajib diletakkan di loker) dll.
  2. Melakukan scan KTM pada petugas untuk presensi pengunjung perpustakaan serta melakukan cek suhu.
  3. Jika ingin melakukan peminjaman buku, pemustaka dapat langsung ke lantai 2 Perpustakaan bagian layanan sirkulasi. Pada bagian layanan sirkulasi tersedia ribuan buku yang dapat dipinjam ataupun sekedar dibaca ditempat. Pada lantai 2 ini juga disediakan ruang baca bagi pemustaka yang ingin mengerjakan tugas atau membaca buku ditempat.
  4. Pemustaka yang akan meminjam buku, sebelumnya dapat melakukan pencarian koleksi pada OPAC (Online Public Access) yang telah disediakan di lantai 2 perpustakaan. Anda dapat mengakses link berikut untuk mengetahui Cara mudah mencari koleksi perpustakaan UNEJ https://perpustakaan.unej.ac.id/cara-mudah-mencari-koleksi-di-perpustakaan/ . Tidak dianjurkan bagi pemustaka untuk melakukan pencarian langsung ke rak dikarenakan koleksi buku perpustakaan menyediakan ribuak koleksi buku dari berbagai disiplin ilmu. Selain itu juga untuk mencegah pemustaka kebingungan saat mencari koleksi.
  5. Pemustaka yang telah menemukan koleksi buku, dapat melakukan peminjaman dengan memilih dua metode yang disediakan. Metode pertama melalui petugas atau kedua melakukan peminjaman secara mandiri menggunakan mesin RFID.
  6. Bagi pemustaka yang ingin melakukan peminjaman secara mandiri menggunakan mesin RFID dapat mengikuti langkah-langkah pada infografis berikut:
  • Aturan jumlah peminjaman buku dan tanggal pengembalian dapat dilihat pada tabel berikut:
  • Pastikan catat tanggal pengembalian buku agar tidak dikenakan denda yaa..igh