Mengenal Perpustakaan Tertua di Dunia

Perpustakaan Al Qarawiyyin

Perpustakaan Di Maroko bernuansa timur tengah yang indah. Dibangun Oleh Fatima Al Fihri pada 859 Masehi. Koleksi perpustakaan Al-Qarawiyyin yang paling terkenal adalah Kitab Suci Al-Quran yang dicetak pada abad ke-9. Selain itu ada pula catatan mengenai kehidupan Nabi Muhammad SAW yang dicetak pada abad ke-10.

Perpustakaan Librije

Perpustakaan Librije merupakan perpustakaan berantai yang merupakan bagian dari Gereja Walburga di Zutpen provinsi Gelderland di Belanda. Koleksi di perpustakaan diikat dengan menggunakan rantai. Praktek seperti ini merupakan peninggalan yang dilakukan pada abad pertengahan, saat perpustakaan pertama kali dibuka. Saat ini koleksi dari perpustakaan ini sekitar 741 buku dengan beragam tema, dari teologi, sejarah, hukum, dan juga literatur. Mereka masih memiliki koleksi asli yang langka dari abad ke-16

Perpustakaan Hereford Cathedral

Merupakan salah satu perpustakaan tertua di Inggris yang masih memiliki rantai dan lemari yang dikunci dengan gembok. Ada 227 manuskrip kebanyakan berisi tentang teologi kekristenan, separuh koleksi itu sudah ada sebelum katedral mengalami reformasi. Kebanyakan buku itu berasal dari abad ke delapan sampai lima belas, termasuk buku berasal dari abad ke-12 yang berisi ilustrasi indah.

Perpustakaan Royal Grammar School

Didirikan pada awal tahuh 1500-an di Guilford, Inggris. Buku-buku di dalam perpustakaan ini dirantai sebagaimana hal ini merupakan sisa dari praktik merantai buku pada zaman lalu. Buku-buku koleksinya dihubungkan pada rak buku menggunakan rantai panjang yang memungkinkan pengunjung mengambil buku tersebut dan membacanya, tetapi tidak bisa keluar dari perpustakaan itu sendiri. Cara ini bertujuan untuk mencegah pencurian terhadap buku-buku. Banyak koleksi buku berharga di perpustakaan ini, seperti 2 edisi awal dari Sir Isaac Newton’s Principia.

Perpustakaan Wells Cathedral

Merupakan perpustakaan yang telah ada sebelum 1800 masehi. Mengkoleksi buku dari abad ke 16, 17 dan 18 yang membahas teologi, ilmu pengetahuan, kesehatan, sejarah dan biologi.