LAYANAN TAKE AWAY: INOVASI LAYANAN PEMINJAMAN KOLEKSI UPT PERPUSTAKAAN UNEJ DI MASA PANDEMI

Wabah pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia telah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Berbagai kegiatan dan aktifitas masyarakat dibatasi demi memutus rantai penularan, pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan pembatasan sosial skala besar maupun kecil dalam berbagai sektor, baik sektor pendidikan, ekonomi, sosial maupun bidang lainnya. Tak terkecuali aturan tersebut juga diterapkan di lingkungan Universitas Jember.

UPT Perpustakaan sebagai salah satu unit penunjang dalam proses perkuliahan melakukan berbagai inovasi selama masa pandemi diantaranya menyediakan layanan digital melalui berbagai platform yang dimiliki seperti melanggan e-journal dan e-book dari berbagai provider, menyediakan layanan secara daring melalui tim Helpdesk yang telah dibentuk agar tetap memberikan layanan yang maksimal bagi penggunanya.

Setahun berlalu semenjak Perpustakaan menutup layanan kunjungan bagi pemustaka, tepatnya pada tanggal 29 maret 2021 dengan mengantongi ijin dari Rektor Universitas Jember, UPT Perpustakaan merancang inovasi layanan terbaru yaitu dengan merilis Layanan Take Away. Layanan Take Away merupakan layanan peminjaman buku dengan melakukan proses peminjaman buku secara mandiri melalui Katalog Online perpustakaan. Pemustaka yang telah melakukan peminjaman buku secara online dapat mengambil buku yang telah dipesan di Lobby UPT Perpustakaan sehari setelah dilakukan peminjaman. Pemustaka dapat mengakses Panduan Layanan Take Away melalui akun instagram perpustakaan_unej

Layanan Take Away ini diharapkan menjadi salah satu solusi bagi mahasiswa yang membutuhkan buku tercetak untuk referensi guna mendukung kegiatan perkuliahan. Layanan ini juga menjadi salah satu upaya UPT Perpustakaan Universitas Jember untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemustaka di Era Normal Baru selama masa pandemi. (igh)