Kongkow Seri ke-25: Tips Menulis Artikel Populer

Jumat (20/01) Mengawali tahun 2023, Kongkow bersama pustakawan kembali diselenggarakan dengan Tema “Tips Menulis Artikel Populer”. Kongkow seri ke-25 kali ini mengundang pemateri Ir. Juzniah Andriani, M.Hum yang sebelumnya juga berkontribusi sebagai pemateri pada Kongkow seri ke-6.

Kongkow yang dipandu oleh Jumarto, S.Sos ini membahas tentang kiat menulis, bagaimana membangun kebiasaan menulis, bentuk-bentuk publikasi tulisan, kaidah dalam menulis serta berbagai hal yang berkaitan tentang menulis yang dapat kita pelajari bersama.

Pada penyemapaian materi, Ir. Juzniah Andriani, M.Hum mengatakan bahwa menulis itu mudah jika kita membiasakan diri untuk membaca, karena ide ataupun pengetahuan sebagai bahan tulisan, kita dapatkan dari membaca. Membaca merupakan fondasi utama dalam menghasilkan sebuah karya tulisan. Membaca merupakan hal penting karena dengan membaca dapat menambah perbendaharaan kosakata dalam merangkai sebuah kalimat yang baik.  Kebiasaan menulis juga dapat kita bangun dari hal-hal kecil seperti update status, menulis buku harian, membuat catatatn kegiatan, notulensi/rangkuman dan membuat laporan. Dari beberpa kegiatan kecil itu kita dpat melatih kemampuan dalam merangkai kata menjadi kalimat sehingga nantinya terbiasa untuk membuat tulisan.

Sebagai penulis pemula seringkali kita mengalami kesulitan dalam memperoleh ide. Beliau menerangkan bahwa ide menulis didapatkan melalui Kisah pribadi, Fenomena alam yang mana dapat dikaitkan dengan sisi humanisme, fenomena sosial yang terjadi disekitar kita, Obrolan diskusi dari teman sejawat, Bahan bacaan dan Kisah orang lain.

Setelah kita mendapatkan ide tulisan langkah selanjutnya yaitu memulai menulis. Pustakawan Ahli Madya Kementerian Pertanian Bogor ini menjelaskan beberapa kiat-kiat dalam memulai menulis diantaranya:

  1. Tentukan tujuan dari isi tulisan apakan bersifat informatif, ajakan atau klarifikasi dll
  2. Menentukan tema jika tulisan artikel populer merupakan tema yang sedang dibahast atau terkini
  3. Membuat judul: singkat, menarik kekinian tidak boleh lebih dari 14 kata
  4. Membuat alur cerita atau kerangka berpikir
  5. Menulis kata pertama yang disebut LEAD atau teras suatu artikel
  6. Merangkai kata kalimat: mengalir dan komunikatif

Hal yang paling penting dalam menulis artikel opini yaitu memperhatikan kaidah dalam penulisan ilmiah populer diantaranya:

  • Menegakkan etika menulis dimana tidak bersifat provokatif,  menghindari plagiarisme, tidak mengandung unsur HOAX atau kebohongan
  • Tentukan target pembacanya, hal  ini  berkaitan dengan panjang tulisan dan kebijakan redaksinonal (gaya bahasa dll) di media yang akan kita dikirimi tulisan
  • Jangan menilai pembaca terlalu tingga atau terlalu rendah agar komunikasi dengan pembaca berhasil  konumikasi
  • Agar hasil tulisan itu bisa dikomunikasikan dengan mudah ke masyarakat  luas maka perlu ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar

Pustakawan yang telah menghasilkan karya sekitar 60 buku antologi dan dan buku solo ini menyampaikan kalimat penutup pada sesi terkahir materi yang dapat sebagai pegangan kita dalam menulis yaitu:

“Jadikan menulis sebagai hobby

Kuatkan niat dan tekad menulis, Tingkatkan intensitas membaca, Agendakan menulis dengan disiplin, Jangan berharap langsung sempurna, perlu proses, Jadikan menulis sebagai kegiatan rutin

Jadikan Menulis sebagai Kebiasaan Berekspresi Jadikan Kualitas Diri terwujud karena Tulisan Anda”

Kegiatan Kongkow bersama Pustakawan seri-25 dapat anda lihat pada video berikut: