KONGKOW BERSAMA PUSTAKAWAN #8: OPEN EDUCATIONAL RESEARCH (OER)

(25/02) UPT Perpustakaan Universitas Jember mengadakan kegiatan rutin dua mingguan yaitu Kongkow Bersama Pustakawan yang ke 8. Kegiatan kongkow kali ini mengangkat tema tentang Open Educational Research dengan pembicara yaitu Bapak Kurnadi, S.Sos., M.I.Kom. Kongkow yang dihadiri oleh internal UPT Perpustakaan UNEJ maupun pihak eksternal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pustakawan dan pengelola perpustakaan terkait Open Educational Research atau OER dimana dalam waktu dekat UPT Perpustakaan Universitas Jember akan mengimplementasikan OER dilingkup perpustakaan.

OER sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu dapat memperluas akses pembelajaran bagi semua orang dimana tren sumber informasi saat ini yaitu bersifat terbuka atau Open Access. Perkembangan terkait kebijakan informasi membuat suatu informasi tidak lagi bersifat sakral atau close access, banyak sekali laman sumber referensi menyediakan akses secara terbuka dengan beberapa aturan lisensi tertentu. Lisensi tersebut telah tercangkup dalam pembahasan terkait OER atau Open Educational Research.

UPT Perpustakaan Universitas Jember juga berupaya untuk memaksimalkan layanannya yaitu menyediakan sumber referensi kepada pemustaka melalui penerapan sistem OER. Dimana pemustaka dapat secara terbuka mengakses sumber referensi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan kegiatan kongkow ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih detail terkait penerapan OER dalam lingkup Pendidikan tinggi sehingga pustakawan dan pengelola perpustakaan nantinya dapat secara optimal dalam memberikan layanan sumber referensi terbuka kepada pemustakanya.