KELAS LITERASI INFORMASI “STRATEGI PENELUSURAN E-RESOURCES SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI”

Sabtu(3/7/21) UPT Perpustakaan bekerjasama dengan Tim Relawan TDKB Covid-19 Universitas Jember mengadakan kegiatan kelas literasi informasi yang diperuntukkan bagi civitas akademika UNEJ. Kegiatan kelas literasi informasi ini diadakan secara daring melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 60 Peserta dari kalangan Mahasiswa dan Dosen. Tujuan diadakannya kelas literasi informasi ini yaitu menjawab keresahan mahasiswa dalam mengakses referensi secara online yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember, serta mempromosikan layanan terbaru dari perpustakaan yaitu Layanan Peminjaman secara Online.

Kegiatan Kelas Literasi Informasi ini dibagi menjadi tiga sesi penyampaian materi yaitu Sesi Pertama disampaikan oleh Bapak Iswahyudi, S.Sos., M.M selaku Kepala Bidang Sirkulasi UPT Perpustakaan Universitas Jember. Pada sesi pertama ini Bapak Iswahyudi, S.Sos., M.M menyampaikan materi terkait prosedur Layanan Take Away yang memungkinkan bagi pengguna perpustakaan untuk melakukan peminjaman secara mandiri melalui katalog online perpustakaan.

Pada sesi kedua yaitu penyampaian materi terkait aplikasi UNEJ Digilib yang disampaikan oleh Bapak Kurnadi, S.Sos., M.I.Kom selaku Kepada Bidang Pembinaan Koleksi UPT Perpustkaan Universitas Jember. Beliau menjelaskan bahwa UPT Perpustakaan telah merilis aplikasi UNEJ Digilib yang memungkinkan bagi pengguna perpustakaan untuk mengakses koleksi digital dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Pada sesi ketiga yaitu penyampaian materi terkait Cara untuk mengakses layanan e-journal dan e-book yang telah dilanggan oleh Universitas Jember. Ibu Khusnun Nadhifah, AMd., S.Kom.,M.M selaku pemateri sesi ketiga menjelaskan bahwa Universitas Jember telah melanggan e-journal dan e-book dari beberapa provider diantaranya Springer, Cambridge dan Emerald. Pada kesempatan ini beliau juga menjelaskan secara rinci cara akses e-journal dan e-book dari ketiga provider yang telah dilanggan.

Kegiatan Kelas Literasi Informasi ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi peserta terkait penggunaan Layanan yang telah disediakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember sehingga pemustaka dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka melalui layanan yang telah disediakan. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan traffic penggunaan e-journal dan e-book yang telah dilanggan oleh pihak Universitas Jember, sehingga pemanfaatannya dapat tepat sasaran.(igh)