LAYANAN PENGEMBANGAN DAN KERJASAMA

Memiliki tugas menyusun program rencana kerja UPT Perpustakaan UNEJ dengan melibatkan bidang lainnya sebagai mitra dalam penyusunan program kerja maupun pelaksanaannyaa. Seperti diketahui perpustakaan merupakan organisasi yang berkembang (growth organization), yang setiap kegiatan organisasinya harus disesuaikan dengan dinamika kebutuhan pemustaka yang terus berkembang  dan berubah. Apabila perpustakaan tidak mengikuti dinamika kebutuhan pemustaka hampir dipastikan layanan perpustakaan akan ditinggalkan, selain itu perpustakaan sebagai sebuah unit pembantu teknis tidak bisa melakukan kegiatan pelayanan kepada pemustaka sendiri tanpa melakukan kerjasama dengan institusi induknya maupun dengan perpustakaan lainnya. Salah satunya  kerjasama yang dilakukan UPT Perpustakaan UNEJ adalah bekerjasama dengan perpustakaan negeri se-jawa yang tergabung dalam FKP2TN (Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri) selain itu, UPT perpustakaan UNEJ juga menjalin kerjasama selain dengan perpustakaan negeri juga melibatkan perpustakaan  swasta yang tergabung dalam FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia).

1. PERMINTAAN ARTIKEL

Dengan semakin beragamnya koleksi UPT perpustakaan UNEJ, menuntut perpustakaan untuk terus memberikan layanan yang terbaik demi  memuaskan kebutuhan pemustaka, salah satu yang paling sering digunakan oleh pemustaka, adalah karya tulis ilmiah yang berupa laporan diploma III, skripsi, tesis maupun disertasi dari hasil karya civitas akademika UNEJ. Oleh karena itu untuk dapat mengakses koleksi tersebut  pemustaka  selain Universitas Jember diberikan ketentuan sebagai berikut :

  • Mengisi data form pesan artikel.
  •  klik disini

  • Permintaan artikel dilayani pada jam kerja senin s/d jum’at jam 08.00 s/d 15.00
  • Hubungi kami ;

Email : library@unej.ac.id                   TELP : (+62) 331 333 860

email library@unej.ac.id

2. LAYANAN DIGITALISASI KOLEKSI 

Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karya ilmiah merupakan aset yang sangat berharga. Perkembangan saat ini karya ilmiah diterbitkan pula dalam bentuk softcopy, selain dalam bentuk hardcopy. Dalam hal penyimpanan, terdapat kelemahan karya ilmiah hardcopy ini diantaranya kerusakan yang diakibatkan kelembapan, serta membutuhkan space yang luas. Semakin banyak karya ilmiah dihasilkan semakin banyak ruang yang dibutuhkan. Sementara ruang yang dimiliki pasti memiliki keterbatasan.

Untuk mengantisipasi dan menyelesaikan masalah ini, alih bentuk dari file manual menjadi file digital menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan. Salah satu tekniknya adalah dengan menggunakan scaning dokumen dengan menggunakan alat scanner. UPT Perpustakaan memiliki alat pemindai (scan) data khusus untuk digunakan dalam proses ini. Alat yang digunakan adalah SCANROBOT  yang dapat memindai tanpa merusak koleksi bahan pustaka. Hasil dari pemindaian berupa image yang akan dikonversi ke dalam bentuk *.pdf. Alat yang digunakan merupakan alat khusus scaning dengan resolusi yang tinggi. Dalam pemanfaatannya, sumberdaya manusia yang melakukan hal ini merupakan SDM yang profesional dan terlatih sehingga dalam pengerjaan pemindaian akan menghasilkanhasil yang memuaskan.

Kemampuan yang dimiliki scanrobot ini bisa dioptimalkan kemanfaatannya diantaranya dengan membuka kerja sama dengan berbagai pihak yang membutuhkan sehingga bisa mengoptimalkan upaya untuk melestarikan dokumen ilmiah yang berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan dan Manfaat Program 

Tujuan :

  • Membantu melestarikan dokumen dalam bentuk alih media
  • Menjalin kerja sama dengan Lembaga atau Institusi lain di luar Perpustakaan

Manfaat :

  • Memfasilitasi Lembaga atau Institusiyang membutuhkan untuk menghemat ruang penyimpanan dokumen dengan mengalih bentuk dokumen dari hardcopy ke media digital
  • Keberadaan scan robot di UPT Perpustakaan bisa dimanfaatkan secara optimal

scanrobot

Punya koleksi langka yang fisiknya sudak tidak layak ?

buku

Punya koleksi langka yang dalam bentuk lembar ?


kertas

Mau mendigitalkan koleksi anda ?

HUBUNGI KAMI :

Bidang Pengembangan dan kerjasama UPT Perpustakaan Universitas Jember

Contact Person :

  • Achmad Taufik
  • Ida Widiastuti
  • Fendi Kristoni

Berikut ini adalah video proses scanrobot treventus