MENUMBUHKAN KREATIVITAS PENGELOLA PERPUSTAKAAN

Pada tanggal 21 Januari 2015 UPT Perpustakaan yang bekerjasama dengan PSF (Putera Sampoerna Foundation) telah melaksanakan kegiatan Workshop dengan tema “Menumbuhkan Kreativitas Pengelola Perpustakaan” dengan pembicara Bpk. Iman Suligi (Pemilik Kampoeng Batja). Pesertanya sendiri terdiri dari para pengelola perpustakaan/ruang baca di setiap fakultas di Universitas Jember, ┬áPTS, SMA, SMK se Jember. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih 57 orang.

pak_zul

Acara dibuka oleh Bpk. Drs. Zulfikar, Ph.D selaku Pembantu Rektor1, dalam sambutannya beliau berpesan agar peserta workshop setelah mengikuti acara ini dapat berkreatif dalam mengelola perpustakaan di tempatnya masing-masing. Hal ini dikarenakan semakin kedepan perpustakaan akan semakin sepi pengunjung jika kreativitas daripada pengelola perpustakaan tidak dikelola dengan baik. Menurut beliau bahwa perpustakaan mengalami kemajuan yang pesat dari layanan berbasis manual ke layanan berbasis elektronik, sekarang sudah menjalar ke source (sumber) bacaannya dari bentuk hard collection (buku) ke electronic collection (file), sehingga peran pengelola perpustakaan dalam berkreativitas sangat diharapkan.

praktek1

praktek2

Dalam Workshop “Menumbuhkan Kreativitas Pengelola Perpustakaan”, narasumber memberikan motivasi-motivasi dan praktek kepada peserta seminar bagaimana meng “HIDUP” kan perpustakaan agar dapat selalu menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjungnya. Dalam kesempatan itu pula dipraktekan bagaimana membuat suatu ajakan berupa poster agar para pengunjung tertarik untuk datang ke perpustakaan.

praktek3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*