WORKSHOP REVITALISASI REPOSITORY INSTITUSI MELALUI DURASPACE V.6

(20/11), UPT Perpustakaan Universitas Jember mengadakan kegiatan workshop repository dengan tema “ Revitalisasi Repository Institusi Melalui Duraspace v.6”. Workshop yang bertempat di ruang pertemuan UPT Perpustakaan Universitas Jember ini akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 20-21 November 2019.

Firman Ardiansyah selaku pembicara pada workshop kali ini memberikan pelatihan kepada peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi swasta dan negeri wilayah Jawa Timur terkait repository institusi menggunakan software open source duraspace versi terbaru yaitu versi 6. Duraspace atau Dspace merupakan aplikasi opensource yang dikembangkan dengan tujuan untuk digunakan dalam mengelola konten digital atau digital repository.

Pada kesempatan ini, Firman Ardiansyah juga memberikan perbandingan kelemahan dan kelebihan software lainnya selain durapace seperti e-prints, SLIMS dan setiadi. Beliau juga menjelaskan secara detail dengan mempraktekkan langsung menggunakan demo Dspace yang tersedia pada laman https://demo.dspace.org/ agar peserta memahami interface dari software Dspace ini. Seingga nantinya pada hari kedua peserta dapat mempraktekkan secara langsung penggunaan aplikasi Dspace v.6. (igh)