AJANG PENGHARGAAN DIKTENDIK BERPRESTASI 2019: UNIVERSITAS JEMBER RAIH JUARA III PUSTAKAWAN BERPRESTASI

foto khusnun nadhifah bersama dengan Bapak Rektor Universitas Jember, kontestan juara I, II dan para juri

Pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Jember, Khusnun Nadhifah, raih juara III Pustakawan Berprestasi tingkat nasional. Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Dikti (SDID) ini dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 26-27 Oktober 2019. Dilansir dari laman Sumber Daya Ristekdikti, Ajang penganugrahan ini merupakan apresiasi bagi tenaga pendidik maupun kependidikan yang berprestasi, baik dari sisi temuan, inovasi, karya hingga kualitas layanan serta dedikasi selama menjalani profesinya.

Ajang penganugrahan yang bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda ini diikuti oleh sebanyak 279 orang, yang kemudian terpilih 10 finalis untuk masing-masing kategori. Para finalis 10 besar berkompetisi kembali dihadapan para juri hingga terpilih tiga pemenang terbaik dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

10 Finalis Pustakawan Berprestasi bersama Para Juri

Prestasi juara III pustakawan berprestasi yang dimenangkan oleh Khusnun Nadhifah ini tidak terlepas dari kontribusi Beliau dalam bidang pengembangan perpustakaan ataupun pengabdian masyarakat. Pada bidang pengembangan perpustakaan Khusnun Nadhifah tergabung dalam Gugus Penjamin mutu di tingkat Universitas dan menjadi salah satu anggota tim penilai pustakawan sejak tahun 2017 sampai dengan sekarang. Perempuan berkerudung yang pernah menjadi pustakawan berprestasi tingkat Universitas ini juga aktif dalam dunia kepenulisan. Beberapa ajang perlombaan karya tulis tingkat nasional telah diikuti dan beberapa tulisan beliau pernah di muat dalam jurnal ataupun prosiding.

Pada bidang pengabdian masyarakat, Beliau beberapa kali mengadakan kegiatan literasi informasi di bidang kesehatan yaitu bekerjasama dengan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Beliau berharap dengan penghargaan ini dapat memberikan inspirasi kepada rekan sesama pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Jember, agar dapat membawa nama baik Jember di kancah nasional bahkan internasional. Selain itu juga semoga UPT Perpustakaan Universitas Jember mampu berkembang lebih baik dalam melayani pemustaka dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar. (igh)