UPT PERPUSTAKAAN MENERIMA KUNJUNGAN SMA IT AR-RAHMAH LUMAJANG

Kamis (26/9), UPT Perpustakaan Universitas Jember menerima kunjungan dari SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah, Kabupaten Lumajang. Peserta kunjungan ini berjumlah sekitar 40 orang siswa yang didampingi oleh beberapa guru pengajar. Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Perpustakaan dan Pustakawan yang bertempat di Ruang Pertemuan UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Kunjungan yang dilaksanakan dalam rangka studi kampus dan literasi ini dibuka dengan sambutan dari Ida Widiastuti selaku Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, kemudian acara kunjungan dilanjut dengan presentasi singkat oleh Achmad Taufik selaku koordinator Bidang Pengembangan dan Kerjasama UPT Perpustakaan Universitas Jember. Pada presentasi singkat tersebut  dijelaskan tentang gambaran umum UPT Perpustakaan Universitas Jember, mulai dari layanan, fasilitas dan koleksi.

Kunjungan dilanjutkan dengan berkeliling dan melihat secara langsung layanan dan koleksi UPT Perpustakaan Universitas Jember. Pada saat berkeliling perpustakaan, peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompok didamping oleh pustakawan. Pustakawan mengajak peserta berkeliling dimulai dari lantai 1 UPT Perpustakaan diantaranya menjelaskan cara masuk ke perpustakaan, ruangan digitalisasi koleksi dan library corner. Pada saat diruangan Registrasi Kartu baca, peserta  dijelaskan cara membuat kartu baca perpustakaan untuk mengakses koleksi UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Kunjungan perpustakaan dilanjut ke lantai 2 yaitu ruang sirkulasi. Pustakawan menjelaskan dan sekaligus mempraktekan cara kerja peminjaman mandiri yang menggunakan sistem Radio Frequency Identification (RFID). Peserta kunjungan juga sangat antusias pada saat melihat koleksi-koleksi perpustakaan yang terjajar di rak.

Peserta kunjungan juga diajak berkeliling sampai lantai 3 gedung UPT Perpustakaan. Ruangan pertama yang menjadi rujukan yaitu ruang Karya deposit. Pustakawan menjelaskan kepada peserta bahwa ruangan ini merupakan ruangan baru yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang baca dan mengerjakan tugas, karena ruangan ini disertai dengan ruang privat bagi pemustaka. Selanjutnya peserta diajak berkeliling ke ruangan-ruangan yang terletak dilantai 3 diantaranya ruang pembinaan koleksi, ruang tugas akhir, ruang referensi dan ruang koleksi berkala.

Kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh SMA Islam Terpadu Ar-Rahmah ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para siswa untuk meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi selepas lulus dari sekolah menengah atas. Bagi para guru kunjungan ini juga dapat dijadikan sebagai bahan studi banding perpustakaan. Kunjungan ke UPT Perpustakaan Universitas Jember ini juga dapat menjadi bekal bagi peserta apabila nantinya meneruskan pendidikan tinggi di Universitas Jember. (igh)