UPT PERPUSTAKAAN MENGADAKAN PENDIDIKAN PEMUSTAKA DALAM RANGKA MENAMBAH WAWASAN MAHASISWA BARU

Memasuki tahun ajaran baru, UPT Perpustakaan Universitas Jember memulai kegiatan rutin tiap tahun yaitu melaksanakaan pendidikan pemustaka. Kegiatan Pendidikan pemustaka bertujuan untuk mengenalkan gambaran umum terkait perpustakaan kepada mahasiswa baru. Pada pendidikan pemustaka tahun ini fakultas pertanian menjadi fakultas pertama yang dikunjungi oleh UPT Perpustakaan dalam rangka Pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru Universitas Jember.

Kegiatan ini tepat diadakan pada tanggal 1 september 2019 bertempat di ruang kuliah fakultas pertanian. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini diantaranya layanan, koleksi, dan fasilitas UPT Perpustakaan Universitas Jember. Materi yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan materi tahun sebelumnya, hanya saja sedikit ditambahkan terkait beberapa layanan dan fasilitas terbaru dari UPT Perpustakaan Universitas Jember, seperti layanan ruang karya deposit, fasilitas EKSITspace dan beberapa penambahan area diskusi dilingkungan UPT Perpustakaan.

Durasi waktu pada pendidikan pemustaka tahun ini juga lebih panjang dari tahun kemarin yang hanya 60 menit, saat ini menjadi 90 menit. Hal tersebut dikarenakan pada pendidikan pemustaka tahun ini lebih ditekankan pada praktek akses koleksi digital (e-journal dan e-book)  yang dilanggan Universitas Jember. Mahasiswa baru dapat memahami lebih dalam terkait pencarian informasi yang tidak hanya cetak namun juga non cetak.

Pendidikan pemustaka yang akan terus berlangsung sampai dengan bulan oktober 2019 ini, diharapkan memberikan wawasan lebih dalam kepada mahasiswa baru terkait UPT Perpustakaan dan juga pencarian informasi yang mereka butuhkan. (igh)