BEDAH BUKU “MELAWAN KONSPIRASI GLOBAL DI TELUK JAKARTA”

Bedah  buku berjudul  “Melawan Konspirasi Global di Teluk Jakarta” sukses dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Lt.1 UPT Perpustakaan Universitas Jember. Bedah Buku ini merupakan salah satu kegiatan dari program Peningkatan Literasi diantara Pelajar sebagai bentuk kerjasama antara UPT Perpustakaan Universitas Jember dengan PC IPNU Jember (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama). 

Bedah buku yang diikuti sekitar 50 orang peserta dari mahasiswa Universitas Jember ataupun luar Universitas Jember seperti IAIN Jember dan Politeknik Jember, menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai lintas profesi. Narasumber tersebut diantaranya Ahmad Khoirul Fata (Penulis buku), Nova Sofyan Hakim (Ketua Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia), Anis Fauzan (Direktur Eksekutif CR 30 Indonesia) dan Rosita Indrayati, S.H., M.H (Dosen Fakultas Hukum Universitas Jember).

Ahmad khoirul Fata selaku penulis dari buku “Melawan Konspirasi Global di Teluk Jakarat” menjelaskan bahwa buku ini memaparkan  tentang konspirasi global  yang terjadi di Anak Perusahaan PELINDO II yaitu Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok dan Terminal  Peti Kemas (TPK) Koja, Jakarta Utara. Bentuk konspirasi yang terjadi yaitu terkait dengan penguasaan pelabuhan nasional oleh Asing, mengingat JICT telah mengalami banyak kemajuan dan dapat mandiri dalam hal pengelolaan pelabuhan nasional. Penguasaan pelabuhan nasional oleh Asing juga telah merugikan negara hingga lebih dari 7 Triliun, karena beberapa hal tersebut para pekerja di JICT menginginkan bahwa pelabuhan dapat dikelola secara mandiri oleh Indonesia tanpa melibatkan perusahaan Asing. Buku ini juga dilengkapi dengan data yang akurat terkait buruknya modus konspirasi tersebut, penulis menjelaskan bahwa telah melakukan riset serta pengumpulan data dalam proses menulis buku yang berjudul “Melawan Konspirasi Global di Teluk Jakarta”.  Nofa Sofyan Hakim selaku ketua federasi pekerja pelabuhan Indonesia mengatakan apabila JICT dikelola penuh oleh pemerintah tanpa melibatkan pihak Asing maka akan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mewujudkan kemandirian ekonomi Nasional. Penulis mengatakan bahwa  melalui buku ini masyarakat dapat mengetahui tentang kasus JICT serta berharap pemerintah dan masyarakat mendukung advokasi pembebasan JICT dari tangan Asing.

Kegiatan Bedah Buku “Melawan Konspirasi Global di Teluk Jakarta” yang merupakan kegiatan pertama  dari program Peningkatan Literasi diantara Pelajar, dapat menjadi pemicu awal untuk menyelenggarakan kegiatan serupa sebagai  bentuk kerjasama antara UPT Perpustakaan Universitas Jember dan PC IPNU Jember .(igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*