SEMESTER BARU, REFERENSI BARU BAGI CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS JEMBER

Awal tahun 2019, Universitas Jember kembali melanggan e-journal dan e-book dari beberapa penerbit global diantaranya Springernature, EBSCO dan Cambridge Core.  Berikut tutorial untuk melakukan akses ke beberapa platform penerbit tersebut.

  • E-Journal Springer

Tersedia akses e-journal dari springer  dengan mengakses laman https://link.springer.com. Pengguna dapat mengakses e-journal dari springer didalam ataupun diluar lingkungan kampus dengan beberapa ketentuan. Ketentuan tersebut diantaranya jika melakukan akses didalam lingkungan kampus menggunakan jaringan Universitas jember, sedangkan untuk akses diluar kampus terlebih dahulu melakukan sign-up dalam jaringan Universitas Jember. Berikut cara akses e-journal springer:

  1. Tuliskan alamat link.springer.com pada browser, kemudian akan tampil halaman depan laman springer, pastikan pada sisi kanan atas terdapat logo Universitas Jember.
  2. Pilih tipe Konten “Journals” untuk melakukan pencarian jurnal pada laman springer.
  3. Hapus Centang kolom “Include Preview Only Content” untuk menemukan jurnal yang dilanggan oleh Universitas Jember.
  4. Pencarian jurnal dapat melalui kolom search dengan menuliskan kata kunci atau melalui advanced search apabila anda ingin mempersempit pencarian jurnal  yang anda butuhkan.
  5. Pencarian juga dapat dilakukan berdasarkan disiplin ilmu yang diinginkan. Kolom disiplin ilmu terletak di sisi kiri laman springer.
  6.  Anda dapat mengunduh jurnal yang anda inginkan dengan klik “download PDF”  yang tertera pada sisi bawah jurnal.
  • E-Book EBSCO

Akses e-book EBSCO dapat diakses didalam ataupun diluar jaringan kampus dengan beberapa ketentuan. Anda yang menginginkan untuk mengakses diluar kampus dapat menggunakan user id dan password dengan menghubungi petugas layanan pengembangan dan kerjasama Lt.1 UPT Perpustakaan Universitas Jember. Berikut cara akses e-book EBSCO:

  1. Pastikan komputer, laptop ataupun gawai anda terhubung dengan jaringan Universitas Jember, kemudian akses laman https://search.ebscohost.com  pada browser anda.
  2. Klik “eBook Collection (EBSCOhost)” yang tertera di halaman muka laman EBSCO atau klik menu bar “eBooks” pada sisi kiri atas.
  3. Metode pertama untuk melakukan pencarian e-book EBSCO yaitu menggunakan kolom search dengan menuliskan kata kunci.
  4. Metode kedua pencarian e-book EBSCO yaitu berdasarkan kategori yang diinginkan, terdapat beberapa kategori yang tertera pada sisi kiri laman EBSCO yang dapat anda pilih.
  5. Metode ketiga dengan memilih langsung e-book yang tampil di Highlights laman EBSCO.
  6. Jika anda telah menemukan e-book yang dicari, klik judul e-book tersebut kemudian akan tampil beberapa menu salah satunya yaitu “Table of content” yang memungkinkan anda untuk membaca e-book berdasarkan Bab buku yang anda inginkan tanpa perlu membaca secara keseluruhan e-book tersebut.
  7. E-book juga dapat dibaca secara fulltext dengan melakukan klik “EPUB Fulltext” pada sisi kiri laman e-book.
  8. Klik “Save pages” pada menu bar atas untuk melakukan download e-book tersebut. E-book tidak dapat di download secara keseluruhan karena terdapat batasan jumlah  halaman yang dapat didownload tergantung dari kebijakan masing-masing e-book. Hal tersebut menyangkut dengan Hak cipta yang berlaku.
  9. Pada laman EBSCO terdapat menu yang dapat membantu anda melakukan beberapa aktivitas diantaranya berbagi halaman e-book kepada rekan anda melalui menu “email pages”. Kedua melakukan salin sitasi dalam berbagai format sitasi melalui menu “cite” dan beberapa menu lainnya yang dapat anda eksplorasi.
  • E-Journal Cambridge Core

Berbeda dari e-journal dan e-book platform sebelumnya, untuk akses e-journal Cambridge core hanya dapat dilakukan dalam jaringan kampus. Anda dapat mengunjungi laman www.cambridge.org/core .  Berikut cara akses e-journal Cambridge Core:

  1. Tuliskan kata kunci pada kolom search yang tersedia atau dapat klik menu “browse subject” untuk mencari jurnal berdasarkan disiplin ilmu.
  2. Centang kolom “Only search content I have access to” pada sisi kiri untuk menemukan jurnal yang dilanggan oleh Universitas Jember.
  3. Pada laman Cambridge core terdapat beberapa menu yang memudahkan anda untuk melakukan pencarian diantaranya menu “publication date” yang akan menunjukkan tanggal publikasi dari sebuah jurnal dan  menu “subject” yang memungkinkan anda melakukan pencarian jurnal  berdasarkan  sub disiplin ilmu.
  4. Jika telah menemukan jurnal yang anda cari, klik judul jurnal  untuk mengetahui deskripsi dari jurnal tersebut, atau dapat klik logo PDF yang tertera dibawah judul jurnal untuk melakukan download secara langsung.

**Apabila mengalami kesulitan dalam mengakses e-journal dan e-book yang dilanggan dapat menghubungi Petugas Layanan Pengembangan dan Kerjasama Lt.1 UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*