SOSIALISASI SPRINGER NATURE: UPAYA MENINGKATKAN PENGGUNAAN E-JOURNALS SPRINGER

Selasa (12/2), UPT Perpustakaan menyelenggarakan sosialisasi e-journal springer dalam rangka pengenalan tools terbaru dari pihak springer nature. Kegiatan yang bertempat di ruang sidang lantai 3 Fakultas Hukum Universitas Jember ini dihadiri sekitar 100 orang peserta diantaranya Dosen dan pengelola ruang baca Fakultas Universitas Jember.

Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan penyampaian informasi terkait sistem perpustakaan yang dapat diakses untuk tujuan usulan buku bagi seluruh fakultas/program studi Universitas Jember serta keperluan akreditasi fakultas yang disampaikan oleh pihak UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Kegiatan dilanjut dengan sosialisasi  tentang springer nature yang disampaikan oelh pihak iGroup Indonesia. Pada awal penyampaian materi Sastri memaparkan terkait presentase pemanfaatan jurnal springer oleh civitas akademika Universitas Jember berdasarkan disiplin ilmu dimana jurnal dengan subjek kedokteran menjadi disiplin ilmu yang banyak di akses. Kemudian dilanjut materi pertama yaitu tentang platform dari springer. Pada sesi ini dilengkapi dengan pemaparan cara akses e-journal springer dan juga praktek langsung untuk mencari jurnal yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan.

Sastri selaku pembicara  juga menyampaikan bahwa springer  terdapat tools baru yaitu “Journal Suggester”. Journal Suggester dapat membantu peneliti menemukan jurnal yang relevan berdasarkan hasil penelitian untuk memudahkan dalam melakukan submit ke jurnal yang sesuai. Peneliti hanya perlu mengetikkan judul penelitian, abstrak dan subject area pada laman https://Journalsuggester.springer.com. Kemudian laman journal suggester akan menunjukkan jurnal mana saja yang relevan untuk peneliti melakukan submit hasil pemelitian mereka, juga disertakan kemungkinan seberapa persen penelitian tersebut diterima oleh jurnal yang bersangkutan. Pihak iGroup Indonesia ini juga menyampaikan bahwa pihak springer nature menyediakan tools author mapper yang berfungsi untuk mencari penulis/peneliti dari instansi tertentu yang dapat diakses melalui laman authormapper.com.

Pihak UPT Perpustakaan Universitas Jember selaku penyelenggara kegiatan sosialisasi ini berharap peserta dapat memanfaatkan secara maksimal informasi yang telah disampaikan oleh pihak springer nature dan juga memaksimalkan penggunaan e-journal springer yang telah dilanggan oleh pihak Universitas Jember. Peserta yang terdiri dari dosen dan pengelola ruang baca fakultas juga diharapkan untuk membantu pihak UPT Perpustakaan dalam menyebarkan informasi terkait e-journal springer nature kepada Mahasiswa sehingga menambah referensi mereka dalam menjalankan kegiatan kuliah. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*