10 PERPUSTAKAAN DENGAN DESAIN UNIK DAN COZY DI DUNIA

Pada abad 21 saat ini perpustakaan berupaya melakukan inovasi guna  memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna. Inovasi perpustakaan yang dilakukan merambah ke bidang desain ruang perpustakaan, hal tersebut dilakukan supaya pengguna dapat nyaman dan betah berlama-lama di perpustakaan. Desain ruang perpustakaan yang awalnya memiliki desain klasik dan kaku, saat ini berubah dengan menghadirkan desain perpustakaan yang cozy, sehingga menarik pengguna dari kalangan remaja yang cenderung memiliki sifat mudah bosan jika dihadapkan dengan desain yang monoton. Berikut beberapa perpustakaan dalam dan luar negri yang memiliki desain unik dan nyaman bagi pemustaka (pemilihan perpustakaan berdasarkan penilaian subyektif dari penulis):

  1. Medhiatheque Puzzle de Thionville Library

Perpustakaan dengan desain penuh kreativitas ini terletak di kota Thionville, Perancis. Perpustakaan dengan desain futuristic ini memiliki beberapa spot untuk membaca, aktifitas belajar, ataupun bersantai di kafe. Ruangan perpustakaan yang didominasi dengan warna hijau mulai dari lantai dan perabotan yang tersedia  menambah kesan alami dan natural bagi pengunjung yang datang. Beberapa spot baca pun beragam, terdapat spot baca dengan sofa, meja kursi dan spot baca berupa kapsul bagi pengguna yang ingin mendapatkan kesan privat. Pada perpustakaan ini juga tersedia area pameran, studio music, area story telling, laboratorium bahasa, ruang bermain game kafe dan area rooftop yang pas untuk berdiskusi ataupun meet up bersama orang terdekat. Bagi pembaca yang ingin tahu lebih mendalam tentang perpustakaan ini dapat mengunjungi laman Domique Coulon & Associes.

2. Perpustakaan Li Yuan Beijing

Letak perpustakaan ini cukup berbeda dari biasanya, yaitu terletak di tengah hutan yang dibangun diatas permukaan sungai yang tenang. Perpustakaan ini dikelilingi oleh pepohonan lebat ditengah hutan memberikan kesan alam yang asri. Perpustakaan ini juga sangat cocok bagi Pengguna yang menyukai tempat tenang untuk melakukan kegiatan membaca. Konsep desain perpustakaan LiYuan ini yaitu menyatu dengan alam, bahkan material bangunan perpustakaan menggunakan kayu dan batu serta jendela kaca yang dilapisi ranting kayu memberikan suasana hutan yang menenangkan.

 Perpustakaan yang dibangun dengan menggunakan material batu dan kayu menambah kesan asri bagi para pengunjung serta jendela kaca yang dilapisi ranting-rating kayu meberikan suasana hutan yang menenangkan.

3. The seattle public Library

Perpustakaan umum di seattle, Amerika serikat ini dibuka pada tahun 2004. Desain gedung perpustakaan menggabungkan konsep futuristik dengan fungsi perpustakaan itu sendiri yaitu menyimpan dan mengedarkan koleksi kepada pengguna. Tampilan luar gedung perpustakaan melambangkan kesan millennium dengan didominasi oleh kaca dan baja yang mengelilingi gedung. Gedung perpustakaan yang memiliki 11 lantai ini dihubungkan dengan tangga berbentuk spiral serta tersedia escalator yang memudahkan pengguna untuk menjelajahi setiap lantai gedung perpustakaan. Perpustakaan umum ini tidak hanya menyediakan layanan peminjaman namun juga ruang publik untuk komunitas melakukan interaksi, selain itu juga tersedia ruang penelitian dan akses internet dengan menyediakan sekiar 400 komputer. Dalam hal furnitur perpustakaan ini memadukan tempat duduk formal dan santai sehingga pengguna dapat melakukan kegiatan membaca ataupun kegiatan lainnya dengan nyaman. Perpustakaan ini memiliki sekitar 2 juta koleksi  berupa audiobooks. Large prints book, koleksi audiovisual, majalah, surat kabar, pengguna juga dapat mengunduh koleksi secara gratis.

4. Biblioteca sandro penna (perpustakaan ufo)

Perpustakaan Sandro penal merupakan perpustakaan kota yang terletak di pusat kota distrik San Sisto, kota perugia, Italia. Perpustakaan yang diresmikan pada Mei 2004 ini terkenal dengan bentuknya yang menyerupai ufo atau piring terbang dikarenakan tampilan luar gedung dikelilingi oleh kaca merah muda berbentuk bulat. Nama Sandro Pena sendiri diambil dari nama Penyair perugia yang puisi-puisinya telah dicetak dan diletakkan pada panel transparan di area luar pintu masuk. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai, yaitu lantai dasar merupakan area multimedia. Pada area ini tersedia akses internet,akses dokumen multimedia, area koleksi musik modern, klasik dan opera yang juga dilengkapi dengan teknologi memutar music stereo. Pengunjung juga dapat melihak koleksi buku tercetak salah satunya buku tentang music, area santai  untuk membaca Koran dan majalah. Pada lantai satu perpustakaan juga tersedia ruang baca, koleksi buku tentang berbagai topic yang dilengkapi dengan catalog computer untuk melakukan pencarian koleksi. Biblioteca Sandro Pena juga memfokuskan pelayanan mereka kepada kalangan anak-anak dan remaja dengan menyediakan area khusus untuk mereka yaitu terletak di lantai dua perpustakaan. Pada lantai dua anak-anak dan remaja disediakan akses internet, koleksi buku khusus mereka dilengkapi dengan area baca juga kegiatan hiburan dan lokakarya. Dikarenakan keistimewaan desain gedung dan juga layanan yang lengkap, Biblioteca Sandro Pena masuk dalam kategori 10 Perpustakaan yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup oleh pecinta buku di dunia.

5. Halmstad Library

Perpustakaan Halmstad terletak di area taman di sungai Nissan, Swedia. Perpustakaan yang diresnikan pada April 2004 ini memiliki desain unik yang terinspirasi dari pepohonan disekitar perpustakaan. Perpustakaan ini memiliki dinding kaca pada setiap sisinya sehingga pengunjung yang datang dapat menikmati pemandangan luar perpustakaan. Salah satu pemandangan yang menarik yaitu di salah satu lokasi nya langsung mengara ke pemandangan sungai Nissan. Koleksi perpustakaan Halmstad sekitar 260.000 media dalam sekitar 50 Bahasa yang berbeda. Koleksi tersebut diantaranya berupa buku, majalah, surat kabar dari seluruh dunia, CD, Film, permainan video, buku audio, buku digital dan music digital. Perpustakaan ini memiliki beberapa ruangan diantaranya ruang koleksi yang terbagi menjadi koleksi fiksi dan non fiksi, ruang berita, galeri pameran, ruang anak, ruang pertemuan dan kafetaria.

6. Micro Library

Micro Library merupakan perpustakaan umum yang terletak di Taman Bima, Kota Bandung. Perpustakaan ini memiliki konsep desain ramah lingkungan yaitu dibangun dari 200 ember bekas es krim. Bangunan  Perpustakaan ini meiliki dua lantai, dimana pada lantai pertama memiliki konsep ruang terbuka untuk kegiatan masyarakat dan pada lantai dua merupakan ruangan dengan dinding yang tersusun dari ember bekas es krim. Pada ruangan lantai dua desain dinding dibuat berongga, hal tersebut bertujuan agar sirkulasi udara lancar serta mendapatkan pencahayaan alami dari sinar Matahari. Lubang-lubang ember bekas es krim ini juga membentuk sebuah pola binary code yang jika diterjemahkan kode tersebut memiliki arti “buku adalah jendela dunia”. Fasilitas yang terdapat di Micro Library antara lain koleksi buku pengetahuan umum, buku anak-anak, mainan tradisional, alat peraga PAUD serta beragam kegiatan seperti knowledge sharing, story telling, yang diadakan di lantai bawah perpustakaan ini.

7. Perpustakaan UI

Perpustakaan yang terletak di kota depok Jawa Barat ini merupakan perpustakaan yang dirancang dengan konsep sustainable building dimana sumber energy menggunakan sumber terbarukan yaitu energy matahari. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang ramah lingkungan dimana bagian eksterior bangunan menggunakan batu alam andesit sedangkan eksteriornya memakai batu palimanan palemo, kedua bahan tersebut bersifat maintenance fee dan tidak perlu dilakukan pengecatan. Perpustakaan pusat UI memiliki atap berupa rerumputan yang dapat mereduksi fungsi alat pendingin udara sampai 15 persen. Hal menarik dari perpustakaan ini yaitu meiliki fasilitas yang lengkap, pada lantai adsar terdiri dari pusat kegiatan bisnis, dimana terdapat toko buku, kafe dan toko cendera mata yang jarang sekali terdapat pada perpustakaan di Indonesia. Pengunnung dapat melihat pemandangan keindahan tepi danau yang asri dan sejuk

8. Perpustakaan Universitas Malahayati

Perpustakaan Universitas Malahayati yang terletak di kota Bandar Lampung ini memiliki kosep desain yang unik dengan menghadirkan nuansa alam didalam perpustakaan. Nuansa alam yang dihadirkan yaitu terdapat sungai buatan yang memanjang berisi ikan mas diantara deretan rak buku. Pada perpustakaan ini juga terdapat beberapa miniatur rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua Barat, miniature rumah adat ini dapat difungsikan sebagai tempat mahasiswa berdiskusi. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas ruang baca yang disediakan. Ruangan ini berbentuk kubus yang dibatasi dinding setinggi orang dewasa, ruang baca ini selain dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan membaca juga dapat digunakan untuk ruang diskusi bagi Mahasiswa ataupun pengunjung umum.

9. Perpustakaan soeman HS

Perpustakaan Soeman HS yang terletak di Pekanbaru merupakan salah satu perpustakaan yang unik di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan desain atap gedung menyerupai rehal (alas membaca Al-Qur’an) yang mengingatkan akan buku terbuka dan perintah membaca. Perpustakaan yang terkenal karena desain uniknya ini juga memasukkan aksen melayu pada desain eksteriornya yaitu tiang-tiang tinggi yang menyangga rehal merupakan symbol-simbol rumah adat Melayu. Pada dinding-dinding perpustakaan juga dihiasi oleh relief Gurindam 12 dari Raja Ali Haji dan juga relief tentang pendidikan. Gedung terbagi menjadi 3 bagian yaitu gedung A digunakan sebagai kantor staff perpustakaan, gedung B difokuskan sebagai perpustakaan, gedung C adalah Ruang Pertemuan. Perpustakaan yang mendapatkan predikat gedung pustaka terbaik se-ASEAN ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari ruang diskusi, perpustakaan anak yang dilengkapi koleksi dan computer khusus anak, ruang kebudayaan melayu, ruang computer, pustaka digital, ruang bedah buku dan ruang pertemuan.

10. Perpustakaan Goethe Institut

Perpustakaan yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat tepatnya berada didalam pusat kebudayaan jerman ini memiliki konsep desain interior minimalis modern. Pengunjung dapat melakukan kegiatan diskusi ataupun meet up bersama teman di teras yangs sejuk dan nyaman. Dekorasi yang didominasi warna putih dan juga bright color menambah kesan nyaman berada di perpustakaan, juga tersedia tempat duduk lucu yang membuat pengunjung betah berlama-lama untuk membaca buku. Hal yang Unik pada perpustakaan ini yaitu tersedianya arena game konsol playstation 4 dalam bahasa Jerman sebagai sarana pembelajaran bahasa Jerman. Perpustakaan Goethe Institut  menawarkan koleksi buku klasik dan modern berbahasa Jerman mulai dari novel remaja, autobiografi, fiksi ilmiah hingga majalah, pengunjung juga dapat mengakses koleksi audio visual di perpustakaan ini.

REFERENSI

http://malahayati.ac.id/?p=1577

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*