LAYANAN KOLEKSI UNGGULAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER: WUJUD PELESTARIAN BUDAYA DAERAH JAWA TIMUR

UPT Perpustakaan Universitas Jember menyediakan layanan Koleksi Unggulan Budaya Madura, Osing dan Tengger dalam rangka pelaksanaan fungsi perpustakaan sebagai pelestari kebudayaan daerah Jawa Timur. Koleksi Unggulan tersebut terletak di lantai 1 UPT Perpustakaan Universitas Jember, tepatnya bersebalahan dengan ruangan loker.

Koleksi yang tersedia di Layanan koleksi Unggulan berupa koleksi tercetak dan audio visual dengan subjek budaya Madura, Osing dan Tengger. Koleksi tercetak diantaranya berupa buku, kumpulan tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis dan disertasi), laporan penelitian, makalah dan publikasi lainnya yang membahas tentang ketiga budaya tersebut (red: Madura, Osing dan Tengger). Selain menyediakan koleksi tercetak, juga terdapat koleksi audio visual lengkap dengan perangkat elektronik untuk mengkases video sehingga pengguna dapat menyaksikan dalam bentuk visual. Koleksi yang terdapat di layanan ini tidak dipinjamkan, hanya dapat dibaca ditempat ataupun di fotocopy.

Ruangan Layanan Koleksi Unggulan menjadi salah satu tempat favorit bagi pengguna UPT Perpustakaan dikarenakan tempatnya yang homy dan nyaman untuk membaca ataupun kegiatan diskusi kelompok kecil bagi mahasiswa, seperti salah satunya mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Mereka memilih tempat ini untuk melakukan diskusi dikarenakan tempat yang nyaman dan juga apabila membutuhkan referensi dapat langsung menuju ke rak koleksi untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Selain mahasiswa pengguna lainnya yang berkunjung ke Layanan Koleksi Unggulan ini diantaranya Dosen, peneliti ataupun penggiat budaya.

Layanan koleksi unggulan UPT Perpustakaan Universitas Jember akan terus dikembangkan dengan berbagai cara yaitu mengumpulkan koleksi tercetak ataupun merekam dan memotret kegiatan yang berkaitan dengan ketiga budaya tersebut. Bagi pihak yang memiliki koleksi terkait ataupun mengetahui informasi yang berkaitan dengan ketiga budaya tersebut dapat membantu dengan menghubungi UPT Perpustakaan Universitas Jember. Pihak UPT Perpustakaan Universitas Jember akan memberikan feedback yang sesuai kepada pihak yang bersedia membantu dalam rangka pelestarian budaya daerah Jawa Timur. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*