RE-AKREDITASI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER: RAIH AKREDITASI A

Senin  (10/12) – UPT Perpustakaan Universitas  Jember  melakukan Re-Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi yang melibatkan Tim Asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tim Asesor yang melakukan visitasi akreditasi perpustakaan terdiri dari tiga orang diantaranya Drs. Tisyo Haryono, MLS., Drs. B. Mustafa, M.Lib., dan pendamping asesor yaitu  Drs. Asta Budi Raharjo.

Pada hari pertama Visitasi Akreditasi Perpustakaan diawali dengan agenda penyambutan oleh Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc, Ph.D, didampingi Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember dan Tim GPM bertempat di ruangan Pimpinan Universitas Jember.

Agenda dilanjutkan dengan visitasi langsung ke UPT Perpustakaan Universitas Jember. Bertempat di ruang pertemuan, agenda diawali dengan pemaparan gambaran umum UPT Perpustakaan Universitas Jember oleh Kepala UPT Perpustakaan, Ida Widiastuti, S.Sos., M.I.Kom yang  kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pasca Pemaparan gambaran umum perpustakaan, kemudian Tim Asesor melakukan proses verifikasi data pada masing-masing komponen borang akreditasi Perpustakaan.

Selepas verifikasi data, Tim Asesor dipersilahkan untuk makan siang dan sholat, kemudian acara dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung fasilitas fisik yang terdapat di UPT Perpustakaan Universitas Jember. Tim Asesor melakukan peninjauan dimulai dari lantai 1 perpustakaan, dimana pada lantai 1 terdapat layanan koleksi unggulan Budaya Madura, Osing, Tengger, kemudian dilanjut dengan meninjau layanan digitalisasi koleksi menggunakan Scan Robot. Kedua layanan tersebut merupakan keunikan yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember. Tim Asesor kemudian bergerak meninjau lantai 2 sampai lantai 3 perpustakaan.

Pukul 18.00 WIB, Tim Asesor kembali ke ruang pertemuan dan menyampaikan rekapan sementara hasil assessment akreditasi. Pada hasil sementara ini UPT Perpustakaan memperoleh penilaian yang memuaskan yaitu Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI. Hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang membanggakan berkat kerja keras seluruh tim UPT Perpustakaan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan nyaman  kepada pemustaka. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*