FESTIVAL TEGAL BOTO: PROMOSI KOLEKSI UNGGULAN BUDAYA JAWA TIMUR UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER

Sabtu (10/11) Universitas Jember mengadakan  Festival Tegal Boto dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Jember ke 54. Pada festival tegal boto menampilkan stand bazar pameran dari masing-masing satuan kerja Universitas Jember untuk menunjukkan produk unggulan mereka. Pada kesempatan ini, UPT Perpustakaan Universitas Jember menampilkan Koleksi Unggulan Budaya Madura, Osing dan Tengger. Koleksi unggulan yang ditampilkan yaitu koleksi buku, penelitian, tugas akhir mahasiswa dan video yang berkaitan dengan ketiga budaya tersebut (Madura, Osing dan Tengger).

Pada stand bazar disediakan perangkat elektronik untuk mengakses video sehingga pengunjung dapat menyaksikan kebudayaan dari masing-masing suku secara visual. Pengunjung yang datang  dapat mengambil dokumentasi foto dengan menggunakan pakaian adat dari ketiga budaya yang disediakan oleh pihak UPT Perpustakaan, seperti salah satu pengunjung yang merupakan mahasiswa asal Filipina mencoba berswafoto dengan menggunakan salah satu kompenen pakaian adat dari masing-masing suku.

Dengan adanya festival tegalboto ini, diharapkan civitas akademika Universitas Jember ataupun pengunjung yang berasal dari kalangan masyarakat luar dapat mengetahui bahwa UPT Perpustakaan Universitas Jember memiliki layanan koleksi unggulan budaya sekitar Jawa Timur yang terletak di lantai 1 gedung UPT Perpustakaan Universitas Jember. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi perpustakaan sebagai pelestari kebudayaan daerah Jawa Timur.(igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*