TAMAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER SEBAGAI TEMPAT UNJUK KREATIFITAS MAHASISWA

 

Semenjak di resmikannya Taman  perpustakaan dan café library di halaman UPT Perpustakaan pada bulan maret 2018, kebermanfaatannya telah dirasakan oleh pengguna perpustakaan. Pengguna memanfaatkan taman tersebut sebagai ruang publik dan diskusi atau sekedar bersantai sambil menikmati makanan yang disediakan oleh café library. Salah satu pengguna perpustakaan yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer sering memanfaatkan gazebo yang tersedia di Taman Perpustakaan untuk mengerjakan tugas kelompok bersama mahasiswa seangkatannya.

“tempatnya nyaman dan sesuai untuk ngerjakan tugas kelompok atau ngobrol-ngobrol sama temen senagkatan, Cuma mungkin perlu ditambahkan pohon supaya lebih rindang”, tutur mahasiswa angkatan pertama tersebut.

Mahasiswa lainnya yang berasal dari fakultas MIPA juga merasa terbantu sekali dengan adanya café library. “Dengan adanya café library saya ndak perlu jauh-jauh cari makan siang diluar, waktu berkunjung ke perpustakaan. Disini (red:café library) makanannya enak dan sesuai kantong mahasiswa”, jelasnya.

Taman Perpustakaan sendiri beberapa kali dimanfaatkan oleh mahasiswa Universitas Jember untuk mengadakan kegiatan mahasiswa mereka. Salah satunya mahasiswa dari UKM Etalase mengadakan kegiatan tahunan mereka di Taman Perpustakaan. Pada hari jumat (9/11) mereka  mengadakan kegiatan pagelaran seni drama yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan ini juga merupakan wujud tindak peduli nyata sosial terhadap bencana yang terjadi di Indonesia. Pada tahun ini mereka melakukan penggalangan dana untuk bantuan bencana di Palu dan Donggala melalui seni drama, setiap penonton yang hadir memberikan sumbangan seikhlasnya untuk korban bencana. Dela, salah satu panitia kegiatan ini mengatakan bahwa pagelaran seni drama tahun ini diselenggarakan di Taman Perpustakaan untuk menarik penonton dari pengguna perpustakaan sehingga cakupan penontonnya lebih luas, karena sebelumnya pagelaran seni ini diadakan dibalkon aula Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) yang penontonnya merupakan mahasiswa FASILKOM sendiri.

“setelah adanya Taman Perpustakaan ini, tempatnya mendukung untuk mengadakan kegiatan seni drama. Saya mengucapkan terimakasih juga untuk pihak perpustakaan yang telah mengijinkan acara ini diselenggarakan di Taman Perpustakaan”, jelasnya.

Taman Perpustakaan juga dimanfaatkan oleh komunitas mahasiswa lainnya, sebelum kegiatan dari UKM Etalase, beberapa komunitas mahasiswa mengadakan pertunjukan musik akustik dalam rangka mempromosikan kegiatan seminar mereka. Dengan adanya berbagai kegiatan mahasiswa yang diselenggarakan, menambah semarak Taman Perpustakaan dan juga pengunjung UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Keberadaan Taman Peprustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Jember tidak hanya dimanfaatkan sebagai ruang publik, ruang diskusi atau tempat santai, namun juga dijadikan sebagai tempat menyalurkan kreatifitas mahasiswa Universitas Jember. Pihak UPT Perpustakaan mengharapkan kedepannya Taman Perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dari berbagai fakultas dalam bentuk kegiatan lainnya tidak hanya pagelaran seni, namun juga kegiatan diskusi  atau kegiatan yang dapat menambah pengetahuan mahasiswa dari komunitas mahasiswa Universitas Jember.(igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*