KEGIATAN LITERASI “SUMBER INFORMASI RISET ONLINE”: UPAYA MAHASISWA MENDAPATKAN INFORMASI RELEVAN

Pada era revolusi industri saat ini informasi menjadi suatu hal yang utama dalam setiap lini kehidupan masyarakat. Setiap masyarakat membutuhkan informasi untuk menyelesaikan permasalahan mereka, karena hal tersebut muncul istilah masyarakat informasi. Masyarakat informasi merupakan masyarakat yang dalam setiap kegiatannya tak terlepas dari kegiatan pencarian infromasi. Setiap tindakan yang akan dilakukan selalu mengandalakan informasi untuk memenuhi kebutuhan mereka atau menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Tak terkecuali mahasiswa sebagai tingkatan pendidikan tertinggi dan dituntut untuk belajar secara mandiri, selalu melakukan pencarian informasi demi mendukung kegiatan akademik mereka.

Pada era serba teknologi saat ini mahasiswa dimudahkan dalam hal pencarian informasi sebagai sumber referensi mereka. Mereka hanya perlu memiliki perangkat elektronik seperti laptop atau smartphone  dan jaringan internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Tersedia beberapa pilihan search engine yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian informasi, hanya dengan mengetikkan subyek informasi, maka dalam sekejap muncul informasi yang sesuai dengan subyek yang dicari.  Kecanggihan teknologi menawarkan berbagai kemudahan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa, namun dibalik kemudahan tersebut ada suatu tantangan bagi mereka. Tantangan yang dihadapi yaitu memilih informasi yang relevan dari jutaan informasi yang tersedia. Pada era ledakan informasi saat ini, Mahasiswa dituntut memiliki keterampilan dalam mencari sumber informasi yang relevan baik cetak ataupun elektronik.

Menghadapi tantangan tersebut, beberapa mahasiswa dari salah satu Perguruan tinggi di Jember  mengikuti kegiatan literasi tentang pencarian sumber-sumber informasi riset online. Kegiatan literasi tersebut diadakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember dalam rangka melakukan pendidikan literasi kepada masyarakat luar Universitas Jember. Kegiatan literasi yang diadakan pada selasa (7/11) bertempat di Ruang Pertemuan lantai 1 UPT Perpustakaan Universitas Jember. Kegiatan literasi yang diikuti oleh 21 peserta yang merupakan santri dari salah satu pondok pesantren di Jember dan juga merupakan mahasiswa aktif semester akhir diharapkan mengetahui sumber-sumber informasi online yang kredibel dan relevan untuk digunakan sebagai referensi tugas akhir mereka.(igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*