SEMINAR DAN WORKSHOP BIG DATA: UPAYA PERPUSTAKAAN MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Selasa(23/10), UPT Perpustakaan Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan  Seminar dan Workshop dengan Tema “Implementasi Big Data di Dunia Pendidikan dan Pemanfaatan Open Source Big Data Platform”.  Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari kalangan pustakawan dan operator teknologi informasi berbagai kampus negeri dan swasta di Indonesia.

Kegiatan seminar dan workshop ini diadakan dalam rangka meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas pustakawan dan pengelola teknologi informasi dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0.  Pada era revolusi industry ini dimana segala sesuatu bergantung pada teknologi informasi memunculkan ribuan data digital atau loncatan produksi data yang luar biasa, untuk mengantisipasi hal tersbeut maka muncul teknologi big data. Big data berperan penting dalam menghadapi 3 masalah utama yaitu meledaknya volume data yang diproduksi suatu organisasi, velocity yaitu kecepatan untuk melakukan pencarian data tersebut dan variety berkaitan dengan keragaman data.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti dalam sambutannya mengatakan bahwa big data hadir untuk mengembangkan kampus melalui data yang dimiliki. Beliau juga menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan teknis peserta dalam hal pemanfaatan dan instalasi open source big data platform.

“Misal kemampuan pustakawan dalam membuat distributed document management system atau data lake seluruh data dokumen yang bisa digunakan untuk kepentingan analytic data,” paparnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Rully selaku pembicara dalam kegiatan ini bahwa dengan adanya big data suatu organisasi ataupun perusahaan dapat melakukan profiling pengguna dengan menggunakan data-data yang terkumpul.

“contoh profiling pengguna yang dapat dilakukan di perpustakaan misalnya dengan melihat jenis buku apa saja yang sering dipinjam oleh pengguna, atau melihat identitas pengguna, dengan begitu dapat menawarkan koleksi buku perpustakaan sesuai dengan minat pengguna,” tambahnya.

Dengan adanya Kegiatan seminar dan workshop yang diadakan di Hotel Dafam ini diharapkan  pustakawan dan pengelola teknologi informasi dapat mengimplementasikan big data dalam mengelola produk karya ilmiah dan data lainnya  untuk keperluan analytic data. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*