MENGHADIRKAN CO-WORKING SPACE DI PERPUSTAKAAN

Pada era disrupsi teknologi saat ini memunculkan banyak istilah terbaru yaitu salah satunya konsep Co-working space. Co-working space merupakan tempat nyaman untuk bekerja dengan disertai jaringan internet bagi para penggunanya. Co-working space pertama hadir di Wina Austria, ide awal pendirian co-working space tersebut adalah untuk membuat pusat entrepreneurship bagi para penggiat start-up digital.

Co-Working Space di Indonesia

Di Indonesia sendiri co-working space dikenalkan oleh pemuda bandung yang dinamakan Hakerspace Bandung. Ide Awal mula pendirian co-working space di Indonesia, tidak jauh berbeda dengan pendirian co-working space di negara lain, yaitu untuk menyediakan tempat kerja bagi para pegiat startup dan freelancer dengan disertai jaringan internet yang tak terbatas. Co-working space terus berkembang di Indonesia, tidak hanya di bandung namun juga beberapa kota di Indonesia seperti di Surabaya, Yogyakarta, Medan, Jakarta dan Bali. Co-working space di beberapa kota tersebut tidak bertahan lama, satu persatu tutup lantaran bisnis co working tidak berjalan baik, hanya di Bali yang sampai saat ini masih terus beroperasi.

Co-Working Space dan Perpustakaan

Perpustakaan sebagai information service telah melakukan adopsi dari konsep co-working space dengan menghadirkan konsep tersebut didalam perpusakaan. Beberapa perpustakaan di Indonesia telah mendirikan layanan co-working space walau belum sepenuhnya menggambarkan co-working space yang telah ada sebelumnya. Adopsi yang telah dilakukan oleh perpustakaan di Indonesia yaitu seperti menyediakan beberapa spot diskusi dan tempat belajar bagi pengguna dengan disertai jaringan internet atau WiFi perpustakaan. Konsep co-working space di perpustakaan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika konsep co-working space sebelumnya diperuntukkan hanya bagi para startup, namun jika diterapkan di perpustakaan diperuntukkan bagi siapapun yang membutuhkan ruang belajar dan diskusi. Pengguna perpustakaan dapat memanfaatkan co-working space secara gratis tanpa harus pergi ke café yang menyediakan layanan WiFi gratis. Kelebihan lainnya selain layanan tak berbayar, di Perpustakaan tersedia kumpulan buku dan jurnal yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi. Pengguna yang memanfaatkan co-working space di perpustakaan, apabila memerlukan buku dan jurnal dapat langsung mencari dan meminjam koleksi tersebut.

Peran Penting Co-Working Space di Perpustakaan

Co-Working Space Perpustakaan menawarkan sebuah tempat nyaman disertai dengan akses internet gratis bagi pengguna perpustakaan. Kehadiran co-working space di perpustakaan dapat menjadi salah satu upaya untuk menarik masyarakat berkunjung ke perpustakaan, seperti yang kita ketahui kebutuhan masyarakat era kini yaitu lebih menyukai tempat belajar dan diskusi yang nyaman lengkap dengan akses internet yang dibutuhkan untuk mencari bahan belajar dan diskusi. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*