KENALI APLIKASI SLiMS MELALUI WORKSHOP “PEMANFAATAN APLIKASI SLiMS”

UPT Perpustakaan Universitas Jember mengadakan kegiatan workshop pada tanggal 14-15 September 2018. Workshop dengan Tema “Pemanfaatan Aplikasi Senayan Library Management System” mendatangkan pembicara dari Developer SLiMS yaitu Hendro Wicaksono dan Widodo.  Kegiatan Workshop  ini berlangsung selama dua hari dengan sasaran peserta yang berbeda.

Pada hari pertama workshop dikhususkan untuk karyawan bidang Teknologi Informasi (TI) Universitas Jember dengan pembahasan workshop tentang kendala yang dihadapi oleh tenaga TI Universitas Jember dalam Pemanfaatan Aplikasi SLiMS. Konsep workshop pada hari pertama lebih menekankan pada diskusi antara tenaga TI Universitas Jember dengan Developer SLiMS. Hal tersebut untuk mengatasi kendala yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Jember dalam menjalankan proses integrasi sistem UPT Perpustakaan dengan Ruang Baca.

Pada hari kedua workshop, peserta meliputi pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan UPT Perpustakaan dan Ruang Baca Fakultas Universitas Jember. Pembahasan yang disampaikan oleh pembicara diantaranya tentang konsep Perpustakaan Digital dan upaya untuk menuju perpustakaan digital dengan mengenalkan aplikasi SLiMS sebagai salah satu bentuk automasi perpustakaan guna mendukung kegiatan perpustakaan. Hendro wicaksono selaku pembicara workshop menjelaskan bahwa perpustakaan digital merupakan proses intensif dan continue menerapkan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan. Aplikasi SLiMS hadir sebagai salah satu aplikasi free yang dapat mendukung kegiatan perpustakaan dengan mengandalkan teknologi informasi sehingga memudahkan pekerjaan pustakawan ataupun tenaga pengelola perpustakaan.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat membantu pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk mengembangkan potensi dalam pemanfaatan aplikasi SLiMS guna menunjang kegiatan integrasi antara UPT Perpustakaan dan Ruang Baca Fakultas Universitas Jember. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*