MAHASISWA BARU TEKNIK IKUTI PENDIDIKAN PEMUSTAKA: SEKILAS GAMBARAN TENTANG UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER

Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus telah dilaksanakan sejak tanggal 13 Agustus senin kemarin. Dalam kegiatan PK2 mahasiswa baru akan diperkenalkan tentang lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis, tentang Universitas Jember beserta potensinya dan  memberikan informasi berkenaan dengan fasilitas yang terdapat di Universitas Jember. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh UNEJ yaitu perpustakaan, dimana perpustakaan memiliki peran vital dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi dan literatur untuk menunjang pembelajaran mahasiswa.

Dalam rangka kegiatan PK2 tersebut, UPT Perpustakaan menyelenggarakan pendidikan pemustaka. Pendidikan pemustaka yaitu kegiatan pengenalan tentang perpustakaan kepada mahasiswa baru yang akan disampaikan pada kegiatan PK2. Pada tanggal 15 Agustus 2018, Fakultas Teknik menjadi fakultas pertama yang dikunjungi oleh UPT Perpustakaan dalam rangka pendidikan pemustaka pada kegiatan PK2. Pendidikan pemustaka dimulai pukul 14.30 bertempat di ruang kuliah Fakultas Teknik. Pada kegiatan ini materi yang disampaikan yaitu tentang layanan perpustakaan, fasilitas perpustakaan dan penelusuran informasi.

Pada materi penelusuran informasi disampaikan bahwa UPT Perpustakaan Universitas Jember telah melanggan jurnal elektronik springer nature serta mahasiswa baru diperlihatkan video tutorial cara untuk mengakses jurnal springer nature. Selain tentang jurnal elektronik yang dilanggan oleh UPT Perpustakaan, pada kesempatan ini juga dijelaskan bahwa sumber informasi elektronik dapat juga didapat melalui portal online Perpustakaan Nasional RI. Perpustakaan Nasional RI telah melanggan sumber informasi elektronik dari beberapa publikasi ilmiah. Selain itu, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi juga telah menyediakan akses jurnal elektronik seperti EBSCO, ProQuest dan Cengage kepada perguruan tinggi di Indonesia, khususnya Universitas Jember. Dengan adanya berbagai sumber informasi elektronik yang disediakan oleh UPT Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI dan Kemenristekdikti maka memudahkan mahasiswa untuk mencari literatur ilmiah yang relevan.

Pendidikan Pemustakan yang dilaksanakan di fakultas teknik diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa baru teknik tentang UPT Perpustakaan dan mahasiswa baru dapat meamnfaatkan fasilitas, layanan serta sumber informasi baik cetak maupun non cetak yang telah dijelaskan pada pendidikan pemustaka.(igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*