REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER MASUK PERINGKAT 100 BESAR DUNIA VERSI WEBOMETRICS

sumber gambar: http://repositories.webometrics.info/en/transparent

Universitas Jember masuk dalam daftar 100 besar dunia pada akses terbuka repository berdasarkan  data webometrics periode Juli 2018. Pada  peringkat akses terbuka repository versi webometrics, Universitas Jember berada di urutan ke 87 dunia dan urutan ke-7 se-Indonesia. Dilansir dari laman repositories.webometrics.info, pihak webometrics mengatakan bahwa pegumpulan data dilakukan dalam minggu terakhir bulan juni dan minggu pertama bulan juli 2018. Mereka juga mengatakan dalam pernyataannya bahwa jumlah data catatan didapatkan dari google scholar berdasarkan domain web repository masing-masing universitas.

Webometrics sendiri merupakan salah satu sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas terbaik di dunia berdasarkan penilaian website universitas tersebut. Indikator yang digunakan oleh webometrics sendiri diantaranya impact (dampak), presence (jumlah halam web terindeks oleh mesin pencari google), openness (keterbukaan), excellent (berdasarkan jumlah jurnal yang terindeks scopus).

Keberhasilan Universitas Jember dalam peringkat akses terbuka repository menurut webometrics ini menunjukkan akan kinerja Universitas jember dalam memberikan informasi konten digital yang bermutu. Hal tersebut tentu saja sebuah bentuk penghargaan bagi para penggiat repository yang terlibat dan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kualitas konten digital yang dipublikasikan melalui web repository Universitas Jember. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*