UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER MENGADAKAN HALAL BI HALAL: BENTUK PERKUAT TALI SILATURAHMI

22 Juni 2018, keluarga besar UPT Perpustakaan Universitas Jember mengadakan acara Halal Bi Halal yang diadakan di Ruang Pertemuan lantai 1 UPT Perpustakaan Universitas Jember. Acara halal bi halal yang diadakan selepas shalat jumat ini dihadiri oleh seluruh karyawan UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, Ibu Ida Widiastuti, kemudian dilanjut dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Hasan. Beliau menyampaikan dalam tausiyahnya bahwa istilah halal bihalal merupakan tradisi yang berkembang di Indonesia. Halal bihalal sendiri pertama kali diselenggrakan di Indonesia pada jaman kepemimpinan Soekarno. Pada masa itu situasi politik di Indonesia tidak sehat, sehingga Soekarno meminta pendapat kepada KH Wahab Chasbullah untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. KH Wahab Chasbullah kemudian menyarankan untuk mengadakan silaturahmi pada saat Idul Fitri. Soekarno menyetujui saran tersebut namun meminta untuk mencari istilah lain selain istilah Silaturahmi, Kemudian Kyai Wahab menyarankan istilah halal bi halal dalam kegiatan silaturahmi untuk saling memafkan dosa sesama dimana dosa yang haram harus dihalalkan. Ustadz Abu Hasan yang merupakan pengasuh salah satu pondok pesantren di Jember ini juga menyampaikan bahwa halal bi halal selalu diadakan setiap bulan syawal, hal tersebut karena sesuatu hal yang diharamkan di bulan ramdhan kemudian dihalalkan kembali pada bulan syawal. Salah satu contohnya yaitu kegiatan makan dan minum merupakan suatu kegiatan yang diharamkan selama puasa bulan ramdhan, kemudan kegiatan tersebut dihalalkan kembali pada bulan syawal.

Ustadz Abu Hasan juga menambahkan bahwa acara halal bi halal dapat menjadi refleksi bagi karyawan UPT Perpustakaan Universitas Jember untuk saling memaafkan dan menerima kekurangan yang dimiliki oleh sesama karyawan sebagai rekan kerja. Seyogyanya dalam menjalani hidup disertai dengan rasa senang dan ikhlas sehingga untuk mewujudkan hal tersebut kita harus menerima segala apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT, karena setiap hal apapun tidak mungkin terlepas dari campur tangan Allah SWT sebagai penguasa alam.

Acara halal bi halal UPT Perpustakaan Universitas Jember kemudian dilanjut dengan salam-salaman untuk meminta maaf diantara para karyawan. Tak lupa juga sesi ramah tamah guna untuk menjamu para karyawan yang hadir. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*