UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER MELAKUKAN KUNJUNGAN KE KAMPUS UNEJ LUMAJANG

UPT Perpustakaan Universitas Jember, 14 Mei 2018 melakukan kunjungan ke kampus 3 Universitas Jember Lumajang. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka integrasi antara UPT Perpustakaan Pusat dengan ruang baca prodi D3 Keperawatan kampus 3 Universitas Jember yang bertempat di Lumajang. Integrasi antara UPT Perpustakaan Univeristas Jember dengan ruang baca terkait dengan asset yang dikelola oleh pihak perpustakaan pusat supaya dapat dimanfaatkan oleh pengguna ruang baca prodi D3 Keperawatan Universitas Jember kampus lumajang.

Acara ini dibuka oleh Nurul Hayati selaku Ketua Program Studi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa D3 Keperawatan UNEJ kampus Lumajang sedang mempersiapkan akreditasi Prodi, maka dengan adanya kunjungan UPT Perpustakaan UNEJ dapat membantu persiapan akreditasi dengan menjelaskan hal yang harus dikaji terutama terkait ruang baca kampus Lumajang. Ida Widiastuti selaku Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember menanggapi permintaan Kaprodi D3 Keperawatan kampus lumajang, beliau mengatakan bahwa pihak Perpustakaan pusat siap membantu kampus Lumajang dalam persiapan proses akreditasi.

“Dengan adanya sharing secara langsung pada hari ini diharapkan bisa mendukung proses itu semua (red: akreditasi), saling melengkapi termasuk proses bagaimana integrasi antara ruang baca D3 Keperawatan dengan perpustakaan pusat”, tambahnya.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember ini juga mengatakan bahwa pihak perpustakaan pusat telah melakukan koordinasi dengan beberapa Wakil Dekan 1 bahwa maksimal pada tahun 2019 semua ruang baca dapat terintegrasi ke sistem yang digunakan oleh perpustakaan pusat, seperti yang diketahui bahwa perpustakaan pusat pada tahun 2018 baru menjalani sistem baru yaitu SLIM. Sistem ini bersifat open source, berbeda dengan sebelumnya yaitu SirsiDynix yang merupakan sistem berbayar. Tersedia Sistem Perpustakaan (SIPUS) yang berisi data-data  tentang perpustakaan sehingga nantinya memudahkan pihak ruang baca Prodi D3 Keperawatan untuk melakukan akses sumber data terkait aset perpustakaan ketika proses akreditasi.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Ida Widiastuti juga menginformasikan tentang sumber informasi online yang telah dilanggan oleh pihak UPT Perpustakaan Universitas Jember. Sumber informasi online tersebut berupa jurnal dan buku elektronik hasil terbitan dari Springer Nature. Pihak ruang baca dapat menunjukkan jurnal dan buku elektronik terbitan Springer Nature ini kepada Tim Asesor pada saat penilaian akreditasi karena ini juga termasuk asset koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan pusat. Aset lainnya yang dimiliki oleh perpustakaan yaitu koleksi buku tercetak yang dapat ditelusur melalui Libraryunej.ac.id. Selanjutnya Ida Widiastuti menjelaskan terkait Zotero. Zotero merupakan aplikasi reference manager yang berguna untuk mengelola sumber-sumber referensi. Sumber referensi seperti jurnal elektronik yang telah di unduh dapat disimpan pada aplikasi ini, selain itu aplikasi ini juga membantu dalam hal sitasi atau penulisan daftar pustaka sehingga membantu penulis dalam membuat rujukan untuk karya ilmiahnya. Pada akhir penjelasannya, Ida Widiastuti berharap lain waktu dapat melakukan kunjungan ke Kampus Lumajang untuk menjelaskan secara lebih rinci terkait penggunaan Zotero pada Dosen maupun mahasiswa D3 Keperawatan UNEJ Kampus Lumajang.

Kegiatan kunjungan ini ditutup dengan ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Ketua Prodi D3 Keperawatan, Nurul Hayati. Beliau mengucapkan terimakasih kepada pihak UPT Perpustakaaan Universitas Jember karena pada hari ini telah memberikan penjelasan terkait aset perpustakaan dan juga tentang akses Springer Nature yang dilanggan oleh pihak perpustakaan pusat.  Beliau juga mengatakan bahwa dengan adanya jurnal dan buku elektronik Springer Nature dapat membantu dosen ataupun mahasiswa dalam mengerjakan penelitian mereka.

“Kami Kanpus Lumajang mendapat pencerahan tentang e-journal yang dilanggan pihak perpustakaan pusat, dengan adanya itu (red:e-journal) maka tidak ada alasan lagi dosen tidak melakukan penelitian karena dimanapun berada bisa membuka e-book atau e-journal didalam kondisi apapun, jelasnya.”

Nurul Hayati juga merasa bersyukur dengan adanya kunjungan dari pihak UPT Perpustakaan Universitas Jember, kerana dengan adanya ini kampus lumajang yang baru saja bergabung pada tahun 2018 dengan Universitas Jember dapat beradaptasi. Harapan beliau kedepannya UPT Perpustakaan Universitas Jember dapat melakukan kunjungan di lain waktu dan melakukan sosialisasi terkait pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi Dosen ataupun Mahasiswa.(igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*