UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JEMBER MENYELENGGARAKAN JUMAT SEHAT: PERSIAPAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Pada tanggal 27 April 2018, UPT Perpustakaan Universitas Jember  menyelenggarakan kegiatan Jumat Sehat. Kegiatan Jumat Sehat kali ini sedikit berbeda dari biasanya yaitu melakukan pertemuan dan pengajian yang diikuti oleh seluruh staf UPT Perpustakaan Universitas Jember. Kegiatan yang diselenggarakan di Musholla UPT Perpustakaan Universitas Jember ini diawali dengan ceramah dari Ustad Neman selaku Pengurus salah satu pondok pesantren di Jember.

Ustad Neman menyampaikan dalam ceramahnya terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyongsong Bulan Ramdahan. Pertama hal yang perlu disiapkan yaitu melakukan taubat. Beliau menyampaikan bahwa bulan ramadhan merupakan tamu istimewa sehingga selayaknya kita sebagai umat manusia membersihkan diri dari dosa-dosa sebelum datangnya bulan ramadhan. Hal yang perlu dilakukan dalam pembersihan diri dari dosa yaitu melakukan taubat dan menghindarkan diri dari maksiat.

Hal lainnya selain taubat yang perlu dipersiapkan sebelum bulan ramadahan diantaranya terbebas dari hutang puasa, memiliki perbekalan ilmu yang cukup, qiroatul Qur’an atau membaca Al-Qur’an dan berpuasa sya’ban. Berbekal ilmu yang dimaksud yaitu pertama fiqih puasa mengenai syarat, rukun dan hal-hal yang dibolehkan serta dilarang dalam berpuasa, kedua yaitu fiqih tentang keutamaan bulan ramadhan. Kemudian ceramah ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustad Neman.

Kegiatan selanjutnya yaitu diskusi bersama oleh seluruh staf UPT Perpustakaan Universitas Jember terkait rencana kegiatan yang akan berlangsung pada bulan ramadhan. Pada kegiatan diskusi ini Ida Widiastuti selaku kepala UPT Perpustakan Universitas Jember menyampaikan bahwa di Bulan ramadhan akan diadakan kegiatan rutin yaitu Kultum (kuliah tujuh menit). Beliau juga menganjurkan kepada seluruh staf UPT Perpustakaan Universitas Jember untuk mengikuti kegiatan kultum yang nantinya akan diselenggarakan setiap harinya setelah dilaksanakan sholat berjamaah.

Kegiatan Jumat Sehat ini diharapkan dapat me-refresh pikiran dan rohani dari masing-masing Staf UPT Perpustakaan Universitas Jember dan siap untuk menyongsong Bulan Ramdhan yang akan berlangsung pada Bulan Mei 2018. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*