E-RESOURCES PNRI: PETUNJUK CARA MENDAFTAR DAN PENGGUNAANYA

Pengembangan perpustakaan semakin terlihat dalam beberapa tahun terakhir semenjak penggunaan internet dikalangan masyarakat semakin massif. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh signifikan dalam pengembangan perpustakaan. Pengaruh yang terjadi dalam bidang perpustakaan yaitu memperbaiki layanan dengan memfokuskan pada layanan digital yang memanfaatkan teknologi informasi.

Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi berusaha memperbaiki layanannya untuk memberi kemudahan kepada pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka. Salah satu layanan yang dikembangkan oleh perpustakaan yaitu layanan open access sumber informasi elektronik. Penggunaan teknologi informasi saat ini memungkinkan adanya open access sumber informasi elektronik dimana pengguna dapat melakukan akses sumber informasi tanpa terbatas waktu dan tempat. Beberapa perpustakaan di Indonesia telah menerapkan layanan open access bagi penggunanya, tak terkecuali Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

PNRI menyediakan layanan e-resources untuk memudahkan pengguna nya dari berbagai daerah melakukan akses sumber informasi elektronik. Dilansir dari laman PNRI, PNRI melanggan berbagai bahan pustaka digital online (e-resources) seperti jurnal, buku dan karya-karya referensi online lainnya. Syarat untuk dapat melakukan akses e-resources yaitu telah memiliki nomor anggota yang sah. Pendaftaran untuk menjadi anggota PNRI dapat secara online yaitu melalui http://keanggotaan.perpusnas.go.id. Petunjuk untuk melakukan pendaftaran online selengkapnya berada dibawah ini:

Langkah pertama yaitu mendaftarkan diri sebagai anggota Perpusnas, caranya dapat melakukan registrasi online melalui http://keanggotaan.pnri.go.id dan kemudian klik daftar.

Langkah kedua yaitu klik “Lanjutkan Pendaftaran”

 

Langkah ketiga melakukan pengisian formulir pendaftaran, setelah formulir terisi maka selanjutnya melakukan checklist pada bagian kotak bawah. Kemudian klik “Daftar”.

Apabila anda telah selesai mengisi formulir keanggotaan dan permohonan anda telah di approve oleh admin Perpusnas, maka langkah selanjutnya anda melakukan akses ke laman http://e-resources.pnri.go.id

Masukkan nomor anggota dan password anda, kemudia klik “Login”

Setelah melakukan “login” kemudian anda dapat menikmati fasilitas e-resources PNRI, dibawah kolom Data diri terdapat kolom pencarian dan daftar penerbit elektronik yang menyediakan sumber informasi elektronik. Anda dapat melalui kolom pencarian atau  langsung memilih terbitan elektronik yang dilanggan oleh PNRI untuk mencari sumber informasi yang anda butuhkan.

Selamat menikmati layanan e-resources yang disediakan oleh PNRI sebagai wujud pemenuhan kebutuhan informasi bagi pengguna secara umum.(igh)

sumber: PNRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*