AKSI JEMPUT BOLA OLEH UPT PERPUSTAKAAN UNEJ MELALUI SOSIALISASI LAYANAN INFORMASI PERPUSTAKAAN

UPT Perpustakaan Universitas Jember melakukan sosialisasi layanan informasi perpustakaan kepada para dosen Universitas Jember. Sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 26 dan 27 februari 2018 merupakan bentuk aksi jemput bola yang dilakukan oleh pihak UPT Perpustakaan Univeristas Jember. Para pustakawan ditugaskan untuk memberikan sosialisasi dengan mendatangi langsung setiap fakultas yang terdapat di Universitas Jember.

Kegiatan sosialisasi kali ini membahas beberapa layanan perpustakaan diantaranya yaitu tentang layanan alur penerbitan Surat Keterangan Karya Deposit (SKKD) hasil penelitian akademisi Universitas Jember. Penerbitan SKKD saat ini telah memanfaatkan sister untuk membantu para akademisi dalam pengisian form luaran hasil penelitian dan selanjutnya  bentuk fisik penelitian diserahkan ke perpustakaan.

UPT Universitas jember juga telah menyediakan layanan digital untuk preservasi dan distribusi hasil penelitian akademisi Universitas Jember, layanan tersebut merupakan layanan Repository dan layanan URA (UNEJ Repository Asset). Kedua layanan ini merupakan layanan publikasi digital karya akademisi Universitas Jember, namun perbedaannya terletak pada bentuk karya. Pada Repository memuat publikasi karya ilmiah, sedangkan URA memuat publikasi karya non ilmiah. Pada akhir kegiatan sosialisasi dilanjut dengan pemaparan terkait layanan jurnal dan buku elektronik Springer Nature yang telah dilanggan oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember.

Pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan minat dosen dan mahasiswa dalam menggunakan layanan perpustakaan, serta memaksimalkan penggunaan layanan informasi perpustakaan khususnya layanan jurnal dan buku elektronik Springer Nature. (igh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*