AKSES E-JOURNAL DAN E-BOOK MELALUI SPRINGER NATURE

Springer Nature merupakan penerbit global yang menyediakan produk layanan informasi bagi seluruh komunitas riset di seluruh dunia. Springer Nature membantu para peneliti untuk membagikan hasil penelitian mereka, selain itu juga memungkinkan peneliti lainnya untuk menemukan dan mengakses hasil penelitian dari komunitas riset yang tergabung dalam beberapa negara diantaranya Asia Pasifik, Eropa dan Afrika.  Pada akhir 2015 springer dan nature tergabung dalam satu company yang sama namun berbeda platform, hal tersebut disampaikan oleh salah satu pihak Springer Nature perwakilan Indonesia dalam Sosialisasi Springer Nature  yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember pada tanggal 26 Februari 2018.

Sosialisasi yang bertempat di ruang pertemuan UPT Perpustakaan Universitas jember ini berfokus pada cara akses dan produk springer nature yang telah  dilanggan oleh Universitas Jember. Rere selaku perwakilan springer nature memaparkan beberapa produk yang telah dilanggan oleh Universitas jember diantaranya berupa produk e-journal dan e-book.  Tersedia e-journal dan e-book dengan copy right mulai tahun 2016 yang dapat diakses oleh civitas akademika Universitas Jember .

Rere memaparkan bahwa meskipun springer dan nature berada di satu company yang sama namun untuk mengakses keduanya harus melalui platform yang berbeda. “Cara akses untuk springer dapat melalui link.springer.com dan untuk nature research melalui nature.com,” jelasnya.

Pada springer tersedia 11 subyek besar diantaranya subyek engineering, behavior science dsb. Springer bersifat multidisiplin ilmu sehingga subyek-subyek yang tidak tercakup pada 11 subyek tersebut tetap dapat diakses dengan melakukan pencarian pada judul atau subyek. Akses untuk springer sendiri dapat dilakukan didalam maupun diluar kampus dengan syarat yaitu menggunakan akun dari Universitas Jember, sedangkan nature hanya dapat diakses didalam kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*