Potensi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Keaksaraan Fungsional Pada Masyarakat Perdesaan di Kabupaten Jember (Potential Local Wisdom in Functional Literacy Education In Rural Communities in Jember District)

Potensi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Keaksaraan Fungsional Pada Masyarakat Perdesaan di Kabupaten Jember (Potential Local Wisdom in Functional Literacy Education In Rural Communities in Jember District)
Indrianti, Deditiani Tri; Khutobah, Khutobah; Latif, Misno Abdul
Fokus kajian penelitian dilatar belakangi adanya kondisi bahwa
masyarakat perdesaaan merupakan penyandang buta aksara
terbesar di Kabupaten Jember. Disisi lain proses pelaksanaan
pembelajaran yang diterapkan hanya mengenalkan huruf dan
angka saja. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar
sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara yang
sesuai kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan potensi
kearifan lokal yang terdapat dalam masyarakat. Pola
pendidikan keaksaraan fungsional yang dihasilkan dari
kegiatan penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi
aplikatif bagi para penentu kebijakan guna mengurangi dan
menuntaskan jumlah buta aksara di Kabupaten Jember,
terutama pada masyarakat perdesaaan. Data penelitian yang dikumpulkan pada kegiatan penelitian ini bersifat primer dan
skunder, untuk kemudian dianalisa dengan menggunakan mix
metode (menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif).
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam
serta pengamatan terlibat. Instrumen yang digunakan berupa
pedoman wawancara terstruktur melalui diskusi kelompok
(Fokus Group Discusion) dan angket. Hasil kajian ditemukan
adanya potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang
dapat dikembangkan dalam kegiatan program keaksaraan
fungsional. Dimana tatanan masyarakat secara lokal dapat
berpengaruh dalam peningkatan ekonomi masyarakat.
Journal of Nonformal Education, Vol. 3, No 2, (2017)
Source: http://repository.unej.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*