Semarak Batik di Pekan Swadesi dan Hari Kebangkitan Nasional

Ada yang berbeda di kampus Universitas Jember pagi ini. Bila pada upacara biasanya para peserta mengenakan busana atasan putih dengan bawahan gelap, upacara kali ini para peserta mengenakan busana batik. Sangat gagah dan anggun bila diperhatikan. Karena ini adalah upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, sebagai puncak dari pekan swadesi di mana para pimpinan dan karyawan Universitas Jember mengenakan batik sejak hari Senin, 16 Mei 2016 lalu. Jadi apa hubungan Kebangkitan Nasional, pekan swadesi, dengan batik itu sendiri?

Kebangkitan nasional adalah suatu masa di mana para pemuda menyadari bahwa perlawanan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tidak akan berhasil bila dilakukan secara kedaerahan. Sehingga mereka perlu bangkit untuk meningkatkan persatuan dan nasionalisme. Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, serta Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Sejak itu perjuangan dilakukan bukan hanya dengan mengangkat senjata melainkan juga dengan diplomasi.

Sedangkan swadesi yang berasal dari bahasa Sansekerta swa (sendiri) dan desh (negara), sebagaimana dicetuskan oleh Mahatma Gandhi, adalah inti atau jiwa dari  upaya mandiri, yang secara luas berarti nasionalisme atau bangga memiliki bangsa sendiri. Salah satu dari wujud kebanggaan ini adalah dengan menggunakan batik, kain khas Indonesia yang bukan sekadar kain dengan beragam coraknya tetapi di dalamnya terdapat falsafah sejarah dan nilai-nilai tradisi yang sangat berharga. Batik telah diakui oleh dunia dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).

Nah, kini Anda sudah tahu hubungannya bukan? Namun alangkah baiknya jika Kebangkitan Nasional selain diwujudkan dengan mengenakan batik, juga dengan meningkatkan semangat untuk membaca. Karena budaya membaca sangat diperlukan dalam membentuk kualitas bangsa menjadi lebih baik. Selamat membaca, dan selamat Hari Kebangkitan Nasional!!
DSC_0513 DSC_0511

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*