Learning by Doing ala Guru-guru Madrasah

Para ahli mengatakan bahwabelajar yang baik adalah dengan cara melakukannya langsung. Hal inilah yang coba dibuktikan oleh guru-guru dari Madrasah Aliyah Darussalam, yang mengikuti Pelatihan bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah. Seperti kita ketahui bahwa tidak hanya di perguruan tinggi saja perpustakaan berperan penting, namun juga di sekolah termasuk madrasah. Oleh karena itu, para guru maupun pengelola perpustakaan sekolah juga wajib mengetahui cara pengelolaan perpustakaan, khususnya perpustakaan sekolah secara baik dan benar supaya perpustakaan sekolah juga dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai tempat sumber-sumber informasi baik bagi siswa maupun guru.

Materi yang diajarkan dalam pelatihan ini dimulai dari pengolahan bahan perpustakaan yang terdiri dari proses awal (stempel, pemberian barcode), penentuan tajuk subjek dan klasifikasi, katalogisasi, dan proses akhir (pelabelan). Dilanjutkan dengan pengenalan digital library dengan sarana pemindaian dokumen (scanner) sebagai alat untuk alih bentuk informasi dari bentuk tercetak menjadi file PDF yang nantinya akan diunggah ke database digital repository. Kemudian juga pengenalan layanan pemustaka di ruang Sirkulasi (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan koleksi), serta referensi dan tugas akhir.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru maupun pengelola perpustakaan sekolah lebih memahami pentingnya pemahaman tentang pengelolaan perpustakaan maupun cara melayani anggotanya sehingga perpustakaan sekolah dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

 

DSC_0487[1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*