Mading 3D, Ajang Kreativitas sekaligus Media Komunikasi

Majalah Dinding, atau yang lebih dikenal sebagai Mading, sejak dulu memang berperan sebagai media komunikasi siswa di sekolah. Di dalamnya terdapat informasi kesiswaan, selain juga artikel, berita maupun hiburan seperti cerpen dan puisi baik kutipan maupun karangan siswa sendiri. Namun saat ini pembuatan mading telah mengalami peningkatan dari segi bentuk. Bila dahulu kita hanya tahu mading yang hanya dalam selembar kertas berwarna yang kemudian ditempel di dinding, saat ini telah banyak dibuat mading dalam bentuk 3 dimensi yang mewakili suatu tema tertentu. Sehingga mading dipandang bukan hanya sebagai media komunikasi, melainkan juga ajang kretaivitas bagi pembuatnya karena bukan hanya bentuk madingnya yang dilihat, melainkan juga bahan-bahan apa yang digunakan untuk membuat mading tersebut.

Hal inilah yang ditunjukkan oleh 22 tim dari 18 SMA, SMK, dan MA yang menjadi peserta Lomba Mading 3D sebagai acara puncak memperingati Hari Buku Sedunia yang sukses digelar oleh UPT Perpustakaan Universitas Jember. Dengan tema “Membangun Generasi Berkarakter, Cinta Buku, Cinta Ilmu, dan Inspiratif”, para peserta telah mengkreasikan ide-ide tentang ilmu dan perpustakaan yang dituangkan dalam bentuk-bentuk seperti gedung perpustakaan, bola dunia, pop-up book berukuran raksasa, dsb., yang tentunya dikombinasikan dengan substansi isinya yaitu artikel yang diunduh dari digital repository dan website Universitas Jember.

IMG_7365 IMG_7370IMG_7363IMG_7359IMG_7356IMG_7352IMG_7354IMG_7341

Dari penilaian dewan juri, didapatkan pemenang sebagai berikut: SMA 06 Ma’arif Bangsalsari (juara I), SMK Addimyati Jenggawah (juara II), SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari (juara III), MA Muhammadiyah 01 Ambulu (juara harapan I), dan SMAN Rambipuji (juara harapan II). Selamat!!

8                3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*